12 Ribu Kendaraan Diputar Balik Saat Penyekatan Pemudik di Bandung

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 14:20 WIB
Polisi mulai melakukan penyekatan mudik lebaran 2021. Kendaraan berpelat nomor di luar Kota Bandung diberhentikan dan diputarbalik.
Polisi saat persiapan penyekatan pemudik di Kota Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Polisi mencatat belasan ribu kendaraan diputar balik saat penyekatan pemudik di Kota Bandung. Hal tersebut berdasarkan hasil evaluasi larangan mudik Lebaran 2021.

KBO Satlantas Polrestabes Bandung AKP Dody Kuswanto mengatakan untuk penyekatan yang dilakukan pada 6 Mei hingga 17 Mei di check point area exit Tol Buahbatu, Tol Moh Toha, Tol Kopo, Tol Pasirkoja, Tol Pasteur, perbatasan kota di Bundaran Cibiru, Cibereum dan Terminal Ledeng, total kendaraan yang diperiksa untuk penyekatan tersebut sebanyak 47.748 unit.

"Total kendaraan yang dibalikkan (putar arah) kembali yaitu 12.038 unit. Sedangkan untuk total kendaraan yang memenuhi syarat sebanyak 30.648 unit," kata Dody di Balai Kota Bandung, Selasa (25/5/2021).

Untuk total kendaraan yang dikecualikan sebanyak 5.064 unit. "Kendaraan yang dikecualikan itu, contohnya mobil ambulans, mobil pengawalan dan memenuhi syarat masuk ke Kota Bandung itu yang disebut dengan dikecualikan," ujarnya.

Selain itu, petugas juga berhasil menjaring sejumlah travel gelap yang mengangkut pemudik melintas ke Kota Bandung dengan tujuan jalur selatan. "Travel gelap tiga unit, dilepaskan setelah selesai penyekatan ini. Travel gelap itu kami tilang," ucap Dody.

Sementara itu, untuk kecelakaan lalu lintas di masa larangan mudik Lebaran 2021, Dody mengklaim grafiknya turun. "Selama kegiatan penyekatan ini dua kasus (kecelakaan lalu lintas)," ujar Dody.

Lihat juga Video: Epy 'Preman Pensiun' Putar Balik di Nagreg Saat Hendak ke Bandung

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)