Wisatawan Ramai, Akses Masuk ke Pantai Pangandaran Ditutup Sementara

Faizal Amiruddin - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 10:43 WIB
Pantai Pangandaran
Foto: Pantai Pangandaran (Faizal Amiruddin/detikcom).
Pangandaran -

Petugas melakukan penutupan pintu akses masuk ke objek wisata Pantai Pangandaran pada Minggu (23/5/2021) pagi. Penutupan dilakukan karena kondisi wisatawan di pantai dianggap sudah ramai. Penutupan ini bersifat tentatif disesuaikan dengan kondisi jumlah wisatawan.

"Kami lakukan penyekatan mulai pukul 5 pagi. Karena kapasitas Pantai Pangandaran sudah lebih dari 50 persen, sebagai yang ditetapkan oleh pemerintah," kata Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Wibowo.

Dia mengatakan penyekatan ini bertujuan untuk mengurangi arus kendaraan wisatawan yang masuk ke Pantai Pangandaran. "Penyekatan akan dilakukan sampai nanti ketika jumlah wisatawan sudah mulai berkurang," kata Zanuar.

Pantauan detikcom di Pantai Barat Pangandaran, Minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIB suasana cukup ramai. Namun demikian ribuan wisatawan itu masih berjarak satu sama lain, karena garis Pantai Barat Pangandaran cukup panjang.

Sejumlah petugas juga tampak aktif memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan kepada wisatawan melalui pengeras suara.

Sementara itu di luar gerbang masuk, sejumlah calon wisatawan tampak memarkirkan kendaraan menunggu gerbang dibuka kembali. "Tertahan tak bisa masuk, bingung mau menunggu atau pergi ke pantai lain," kata Iwa Kartiwa, wisatawan asal Tasikmalaya.

Dia mengatakan kebijakan buka tutup ini membingungkan, karena tidak jelas kapan ditutup dan kapan dibuka. "Jadinya untung-untungan. Rombongan adik saya sudah di dalam, karena berangkat malam dari Tasik. Giliran saya menyusul, ternyata ditutup," kata Iwa.

Dia juga mengaku tidak melakukan reservasi hotel, sehingga tidak bisa masuk sama sekali. "Iya tadi juga kalau yang bisa menunjukan bukti booking hotel boleh masuk. Kalau saya niatnya memang tak menginap, nanti sore juga pulang, makanya saya datang pagi-pagi," ujar Iwa.

(mso/mso)