Warga Pangandaran Geger Pencuri Domba Sembelih dan Makan Hati Mentah

Faizal Amiruddin - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 01:51 WIB
Pencuri yang makan daging domba hasil curiannya diamankan aparat.
Foto: Pencuri yang makan daging domba hasil curiannya mentah-mentah diamankan aparat. (Faizal/detikcom)
Pangandaran -

Aksi pencurian domba di Desa Mekarsari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, membuat warga setempat geger. Yang membuat geger, si pencuri teperok sedang menyantap hati domba curiannya dalam keadaan mentah.

Kurniawan (45), pemilik kambing, mengaku mendengar suara gaduh anjing dari sekitar kandang domba miliknya pada Jumat (21/5/2021) sekitar pukul 05.00 WIB pagi.

Kurniawan lalu memeriksa kegaduhan itu. Dia kaget karena melihat seorang pria tengah lahap memakan hati domba mentah-mentah.

"Saya melihat seseorang yang tidak saya kenal sedang memakan hati domba mentah-mentah," kata Kurniawan.

Dia kemudian meminta bantuan warga sekitar sebelum berkomunikasi dengan pria misterius itu. Saat ditanya ucapan pria tanpa identitas itu melantur.

"Ketika ditanya dia sempat mengacungkan golok, tapi oleh warga berhasil dilawan dan ditangkap. Ditanya nggak nyambung, seperti orang gila. Ditanya mengapa makan daging mentah, dia bilang lapar," sebut Kurniawan.

Warga kemudian memutuskan meringkus pria tersebut. Pria tersebut sempat diamankan di kantor desa, sebelum akhirnya diserahkan ke Mapolsek Cimerak.

"Setelah mendengar laporan warga saya langsung menghubungi polisi, pelaku sempat diamankan dulu ke kantor desa," ucap Kepala Desa Mekarsari, Rohimat.

Rohimat mengaku sebelumnya menerima laporan warga yang kehilangan ternak. Ada warga yang melapor kehilangan ayam dan bebek.

"Sebelumnya Tarjo warga lainnya menemukan kambing miliknya dalam keadaan mati disembelih. Ada pula yang kehilangan ayam dan bebek," kata Rohimat.

Dia menambahkan pelaku masuk ke Dusun Citelu dan Dusun Sukasari Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran sejak Kamis (20/5/2021) kemarin. Dia terlihat berkeliaran tanpa mengenakan baju.

"Prilakunya seperti orang gila," kata Rohimat.

Terpisah, Kapolsek Cimerak AKP Budi Purwanto mengatakan untuk sementara pelaku diamankan di polsek. "Memang diduga ODGJ, tapi kami sedang berkoordinasi dengan tim medis dan Dinas Sosial," kata Budi.

Dia juga membenarkan pelaku tak memiliki identitas. Polisi hanya menemukan 4 bilah golok yang dibawa oleh pria kurus usia sekitar 40-an itu.

Mengenai pelaku memakan kambing curiannya dalam keadaan mentah, Budi mengaku belum bisa memastikan. "Yang jelas, ternak dicuri dan langsung disembelih. Kalau dimakan mentah-mentah kami belum menemukan bukti dan keterangan," kata Budi.

(zak/zak)