Peziarah yang Hilang di Gunung Sanggabuana Ditemukan Selamat

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 13:16 WIB
Peziarah yang hilang di Gunung Sanggabuana ditemukan selamat
Foto: Peziarah yang hilang di Gunung Sanggabuana ditemukan selamat (Istimewa).
Karawang -

Peziarah yang hilang di Gunung Sanggabuana, Karawang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Korban ditemukan di tepian jurang dalam kondisi lemas dan kedinginan.

Kepala BPBD Karawang Yasin Nasrudin mengatakan korban bernama Aris Ramdani (17), yang hilang di Gunung Sanggabuana, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang akhirnya ditemukan, di tepian jurang sedalam 25 meter, dengan kondisi lemas dan kedinginan.

"Sudah ditemukan pagi ini, pukul 7.00 WIB. Di tepian jurang, sedalam 25 meter, kondisi korban, kedinginan, dan lemas," tutur Yasin saat dihubungi melalui telepon selular, Jumat (21/5/2021).

Dia mengungkapkan korban mengaku terpeleset ke dalam jurang sedalam 25 meter dan mengalami luka pada bagian kaki hingga susah berjalan.

"Dia mengaku terperosok ke jurang saat akan kembali ke rombongan. Saat ini sudah dibawa ke Puskesmas Tegalwaru untuk dirawat lukanya," katanya.

Menurut Yasin, sejak dini hari, Tim SAR gabungan dari BPBD, kepolisian, komunitas pendaki, dan aparat desa, telah menyisir lokasi yang diduga tempat terakhir korban berada.

"Dari pengumpulan informasi, dan bekas jejak di lokasi, akhirnya tim mampu menemukan korban, dan saat ditanya, korban mengaku terpleset, hingga terperosok ke jurang, beruntung korban masih bisa diselamatkan, meski kondisinya sudah terlihat lemas," ucapnya.

Korban saat ini, telah dibawa pulang oleh keluarganya, meski sempat dirawat di Puskesmas Tegalwaru. "Saat ditemukan sempat dibawa ke Puskesmas Tegalwaru, tapi sekarang sudah dibawa keluarganya," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Salah seorang rombongan peziarah dari Tanjungpura, Karawang dikabarkan hilang di Gunung Sanggabuana, Jawa Barat. Kabar hilangnya salah seorang peziarah ini ramai dibagikan di berbagai media sosial di Karawang.

Berawal dari unggahan, pemilik akun Facebook bernama Elang Zagat di salah satu grup pendaki di Karawang, ia menyampaikan bahwa rombongan peziarah tersebut berjumlah 14 orang, dan melaporkan kepada warga setempat yang dipercaya sebagai juru kunci Gunung Sanggabuana bahwa salah seorang dari rombongan peziarah hilang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Jaji Maryono membenarkan kejadian tersebut.

"Iya benar informasi yang beredar, salah seorang rombongan peziarah, ada yang hilang di Gunung Sanggabuana, sekarang saya menunggu arahan dari tim pencarian," ucapnya saat dihubungi melalui telepon selular, Kamis (20/5/2021) malam.

(mso/mso)