Serang Zona Kuning, Walkot Minta Gubernur Tinjau Ulang Penutupan Wisata

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 19:14 WIB
Wali Kota Serang Syafrudin akan setop PSBB
Foto: Wali Kota Serang Syafrudin (Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Serang -

Wali Kota Serang Syafrudin berharap Gubernur Banten Wahidil Halim meninjau ulang penutupan lokasi wisata. Pasalnya berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo daerah yang masuk dalam zona kuning diizinkan untuk membuka objek wisata dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

"Kami berharap ke pak gubernur untuk meninjau kembali dalam rangka penutupan tempat wisata kaitan dengan perekonomian masyarakat kecil. Kami akan menunggu informasi gubernur akan pencabutan edaran itu atau arahan lain dari gubernur," ucapnya usai mengikuti arahan Presiden Joko Widodo secara virtual, Senin (17/5/2021).

Dia menyebut saat ini Kota Serang berada di zona kuning COVID-19. Hal itu menjadi alasan agar diizinkannya objek wisata di Kota Serang untuk dibuka.

"Edaran gubernur (penutupan lokasi wisata) ini salah satu kewaswasan daripada pak gubernur. Kalau instruksi presiden tadi di zona kuning Kota Serang boleh berjalan akan tapi harus sesuai protokol kesehatan dan sesuai kapasitas," kata Syafrudin.

Persoalan apakah tempat wisata bisa menjamin tidak ada kerumunan dan hanya menampung 50 persen kapasitas, Syafrudin mengatakan itu soal teknis. Karena pemda memiliki instrumen untuk menjaga seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan dibantu TNI-Polri. Yang jelas menurutnya, muncul kekecewaan masyarakat akibat penutupan lokasi wisata.

"Justru kekecewaan masyarakat ini pada hari ini diberikan arahan presiden. Artinya supaya kepala daerah semua untuk menerima arahan presiden ini," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Banten mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 556/901-Dispar/2021 soal penutupan sementara seluruh lokasi wisata dari 15-30 Mei. Instruksi ini dikeluarkan begitu melihat membludaknya wisatawan yang berkunjung ke pantai di Anyer dan Carita sehari setelah Lebaran.

(bri/mso)