Ini Motif Pemobil Pakai Plat Nomor Dinas Polri Palsu di Majalengka

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 16:13 WIB
Pemobil asal Indramayu diamankan polisi karena pakai plat nomor palsu
Pengendara ini diamankan polisi karena pakai plat nomor palsu (Foto: Bima Bagaskara)
Majalengka -

Polisi masih melakukan penyelidikan terkait ditemukannya pemobil yang menggunakan plat nomor palsu milik kedinasan Polri yang diamankan di pos penyekatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Minggu (16/5/2021) kemarin.

Paur Subbag Humas Aipda Riyana mengatakan saat ini pihaknya masih menelusuri terkait asal usul dari kendaraan jenis Nissan Tera yang dikemudikan oleh EK (39), warga Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu.

"Masih dilakukan penyelidikan terkait asal usul mobil tersebut. Kalau memang ada unsur pidana nanti akan dilakukan pemanggilan terhadap pengemudinya," kata Riyana saat dikonfirmasi detikcom, Senin (17/5/2021).

Riyana menjelaskan saat itu EF memakai plat dinas Polri yang diketahui berasal dari wilayah hukum Polda Metro Jaya. Kata dia, Polres Majalengka akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk mengembalikan plat dinas tersebut.

"Sementara terkait plat dinas kepolisian palsu, itu kami akan kordinasi dengan Polda Metro Jaya karena itu pelat dari sana. Nanti akan dikembalikan plat dinasnya," ucap Riyana.

Sementara terkait alasan pengemudi memasang plat palsu, hal itu dilakukan agar EK bisa leluasa melakukan perjalanan mudik tanpa dihentikan maupun diperiksa oleh petugas di pos penyekatan.

"Sementara pengemudinya kemarin hanya dimintai keterangan, pengakuannya pakai plat palsu agar bisa mudik dan lolos dari penyekatan. Sekarang pengemudi sudah dibebaskan," ujarnya.

"Tapi nanti kalau ditemukan ada unsur pidana apakah itu mobil bodong atau lainnya, akan dilakukan pemanggilan," tandas Riyana.

Sebelumnya diberitakan, sebuah mobil yang melintas di pos penyekatan Cikijing, Kabupaten Majalengka dihentikan petugas karena kedapatan menggunakan plat nomor palsu.

Saat diperiksa, dipastikan jika mobil tersebut bukanlah mobil dinas Polri serta pengemudinya juga bukan seorang anggota.

(mud/mud)