Libur Lebaran di Pangandaran, Wisatawan Jalani Rapid Test Antigen

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 17:26 WIB
Wisatawan Pangandaran Jalani Rapid Test Antigen
Pengunjung Pantai Pangandaran menjalani rapid test antigen. (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Pantai Pangandaran mulai ramai dikunjungi wisatawan H+1 Lebaran atau Jumat (14/5/2021). Meski jumlahnya tak terlalu membeludak, namun aktivitas pariwisata di pantai mulai menggeliat.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona, Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran melakukan pemeriksaan rapid test antigen kepada wisatawan secara acak. Pemeriksaan rapid test antigen dilakukan di gerbang utama pantai Pangandaran.

Kepala Dinas Kesehatan Pangandaran Yani Ahmad Marzuki mengatakan pihaknya menyiapkan 30.000 rapid test antigen untuk digunakan pada pemeriksaan acak wisatawan ini. "Kami siapkan 30.000 rapid test antigen. Pemeriksaan ini akan dilakukan sampai tanggal 24 Mei 2021," tutur Yani.

Selain di pantai Pangandaran, pengambilan sampel juga dilakukan di pantai lain yang ada di Pangandaran. Termasuk pantai Batukaras dan pantai Batuhiu.

Walaupun mudik dilarang, wisata di Pangandaran tetap dibuka. "Syaratnya menerapkan protokol kesehatan dan disokong oleh pemeriksaan secara acak," ujarnya.

Sejauh ini belum ditemukan adanya wisatawan yang positif rapid test antigen. "Semoga saja sehat semua dan selalu menerapkan protokol kesehatan," kata Yani.

Sementara itu pengunjung asal Ciamis, Gina Fauziah (22), mendukung pelaksanaan rapid test antigen di pintu utama obyek wisata pantai Pangandaran. "Alhamdulilah hasilnya negatif," katanya.

Gina mengaku senang pemeriksaan tidak dilakukan secara paksa, namun sukarela sesuai keinginan pengunjung. "Saya sih senang bisa di tes gratis, jadi tidak was-was berwisatanya," ucap Gina.

(bbn/bbn)