Begini Kondisi Guru Susan yang Idap GBS Usai Vaksinasi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 16:49 WIB
Susan, guru honorer di Sukabumi alami kelumpuhan usai menjalani vaksinasi COVID-19.
Susan Antela yang mengidap Guillain Barre Syndrome (GBS) usai menjalani vaksinasi COVID-19. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Bupati Sukabumi Marwan Hamami terus memonitor perkembangan Susan Antela, guru honorer SMAN 1 Cisolok, Kabupaten Sukabumi yang didiagnosis mengidap Guillain-Barre Syndrome (GBS) atau sindrom Guillain-Barre usai menjalani vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

Melalui tim medis RSUD Palabuhanratu dan Dinas Kesehatan, Marwan mendapat informasi kondisi guru Susan saat ini semakin membaik. "Informasi yang saya peroleh, alhamdulillah sudah bisa bangun duduk sendiri tanpa harus dibantu," kata Marwan kepada detikcom, Selasa (11/5/2021).

Marwan memastikan Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah melakukan berbagai upaya dalam membantu guru Susan yang lumpuh. Bantuan itu dilakukan melalui berbagai dinas terkait.

"Pemda telah berupaya lewat instruksi kepada kecamatan hingga Dinas Sosial untuk membantu keluarganya. Dinas Pendidikan juga sudah diinstruksikan untuk turut serta membantu. Apalagi, guru Susan merupakan tenaga pengajar di SMA Negeri Cisolok," bebernya.

Sementara itu Yayu, adik dari Susan, membenarkan ada perbaikan kondisi kesehatan yang dialami oleh sang kakak. Hari ini, ia kembali mengantar Susan untuk mendapatkan pengobatan. "Alhamdulillah walaupun enggak banyak perubahannya, tapi ada perbaikan sedikit-sedikit. Matanya sudah bisa lihat wajah orang, walaupun masih berbayang kelihatannya. Kaki juga kata dokter sudah mulai terasa ada ototnya lagi," tutur Yayu.

Kisah pilu Susan ini membetot perhatian Presiden Jokowi. Melalui staf kepresidenan, bantuan dari Presiden Jokowi tersebut diantarkan Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif ke kediaman Susan di Kampung Pasir Talaga, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

"Saat ini saya dengan rekan-rekan, Danramil, Kapolsek, Camat Cisolok, Dinkes, saya ditugaskan oleh staf kepresidenan untuk mengawal dan mengantarkan bantuan dari Bapak Presiden Joko Widodo untuk ibu Susan sebagai guru honorer yang mengalami gangguan medis," kata Lukman, Selasa (4/5).

Simak video 'Susan, Guru yang Lumpuh Usai Vaksinasi Dapat Bantuan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/bbn)