Tak Terima THR, Non-PNS Pemprov Jabar Dapat Honor Sekali Gaji

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 16:19 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi (Foto: Muhammad Ridho/detikcom)
Bandung -

Para non-pegawai sipil negara (PNS) di lingkungan Pemprov Jawa Barat akan tetap mendapatkan honorarium sebesar satu kali gaji, sebagai ganti dari tunjangan hari raya (THR). Hal itu ditegaskan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (11/5/2021).

Sosok yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, sedianya tidak ada yang namanya THR. Hal itu telah diatur dalam PP No 63 Tahun 2021. "Tapi Pemprov Jabar akan memberikan namanya honorarium tambahan yang silakan dipergunakan untuk keperluan Lebaran dan lain-lain," ujar Kang Emil.

"Tetapi Jabar, kami sesuai aturan ada yang namanya honorarium tambahan, yang nilainya satu kali gaji dari pendapatan mereka," kata Emil menambahkan.

Sebelumnya, pegawai honorer mengeluhkan tak mendapatkan THR tahun ini. Sekadar diketahui, tercatat ada sekitar 21 ribu non-PNS di lingkungan Pemprov Jabar.

Salah seorang pegawai honorer, sebut saja KR, mengatakan beban kerja yang diembannya sama dengan pegawai yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu di dalam klausul kontrak pun terdapat poin yang menyatakan bahwa honorer bisa mendapatkan THR.

"Dalam kontrak itu ada klausul bahwa kita dapat THR. Lalu sekarang bagaimana nasib surat kontrak itu? Kita menandatangani di atas meterai, enggak main-main kan. Jangan melanggar aturan sendiri dong," ujar KR saat dihubungi detikcom, Selasa (11/5/2021).

KR mengatakan, keberadaan tenaga honorer atau non-PNS ini juga dibutuhkan untuk menggenjot kinerja Pemprov Jabar. "Makanya ada honorer juga kan dibutuhkan oleh Pemda, seandainya ada upaya Pemprov terlambat mengantisipasi masalah ini," katanya.

Menurut dia, tahun lalu THR cair pada H-7 lebaran. "Tahun- tahun sebelumnya H-7 sudah cair THR untuk satu kali gaji. Kabarnya masih tunggu Kepgub, masa sih pakai itu," ujar KR.

Lihat juga Video: Buruh di Bandung Ramai-ramai Nagih THR, Akses Jalan Ditutup

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2