Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Pasar Kuningan Tembus Rp 150 Ribu

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 12:45 WIB
Pedagang daging sapi di Kuningan
Foto: Pedagang daging sapi di Kuningan (Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Tiga hari jelang Lebaran sejumlah harga kebutuhan pokok di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat mulai mengalami kenaikan. Kenaikan harga kebutuhan pokok yang paling signifikan terjadi pada harga daging sapi.

Di Pasar Kepuh Kabupaten Kuningan harga daging sapi terus melonjak sejak beberapa hari terakhir. Harga daging sapi per kilogram di pasar ini bahkan bisa menyentuh angka Rp 150 ribu.

"Untuk sekarang harga jual daging sapi perkilogramnya itu Rp 130 sampai 140 ribu. Tapi menjelang Lebaran begini biasanya maremaan (ramai) bisa sampe Rp 150 ribu perkilo," kata Toto salah seorang penjual daging di Pasar Kepuh kepada detikcom, Senin (10/5/2021).

Menurut Toto melonjaknya harga daging ini salah satunya disebabkan oleh berkurangnya pasokan daging di pasaran. Toto sendiri belum mengetahui penyebab pasokan daging berkurang jelang Lebaran.

"Iya pasokannya jelang Lebaran ini berkurang agak susah juga enggak tau kenapa. Biasanya mah kalau mau Lebaran aman-aman aja, ini juga yang bikin harga naik," ucap Toto.

Untuk bisa memenuhi pasokan, Toto mengaku mendapatkan langsung dari peternak sapi yang ada di Kuningan selain mendapat kiriman dari agen yang sudah menjadi langganannya.

"Iya jadi minta daging ke peternak yang ada di Kuningan buat nambah stok. Tapi itupun enggak banyak jumlahnya," tandasnya.

Selain daging sapi, harga daging kambing di Kabupaten Kuningan juga diketahui mengalami kenaikan. Jika biasanya harga daging kambing perkilogramnya sekitar Rp 120 ribu, saat ini sudah melonjak hingga Rp 130 ribu.

(mso/mso)