Longsor di Bandung Barat, Seorang Pria Tewas Tertimbun

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 09:42 WIB
Longsor di Bandung Barat
Foto: Longsor di Bandung Barat (Istimewa).
Bandung -

Seorang warga Bandung Barat tewas tertimbun tanah longsor saat bertamu ke rumah kerabatnya untuk buka puasa bersama.

Informasi yang diterima detikcom dari Pusdalops BPBD Jawa Barat, kejadian itu terjadi di Kampung Manglayang,Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong.

Insiden naas itu menimpa korban Rudi (35) warga Desa Cigugur, Kecamatan Parongpong terjadi, Sabtu (8/5) malam sekitar Pukul 21.00 WIB.

Manajer Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman mengatakan bencana longsor ini terjadi akibat hujan lebat yang terjadi di wilayah tersebut.

"Hujan lebat dari mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan air meluap karena drainase yang terbatas sehingga tidak mampu menampung debit air dan air masuk ke areal perkampungan warga dan mengakibatkan longsor," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (9/5/2021).

Budiman menyebut, luapan drainase tersebut berakibat longsor dan menimpa rumah milik kakak korban.

"Longsor tebing setinggi tiga meter menimpa rumah warga serta menimbulkan korban jiwa yang kebetulan sedang bertamu. Korban tertimbun longsor," ujarnya.

Karena posisi korban tertimbun material tanah, petugas gabungan pun bergotongroyong melakukan evakuasi tubuh korban.

"Masyarakat beserta aparat gabungan bergotongroyong melakukan pencarian korban dan mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia," ujarnya.

Korban langsung dibawa ke rumah duka di Kampung Nyingkir, Desa Cigugur Girang, Kecamatan parongpong. "Korban pada Pukul 00.00 WIB dibawa keluarganya ke Desa Cigugur, Kecamatan Parongpong untuk dimakamkan," pungkasnya.

Lihat juga Video: Longsor di Jagakarsa, Satu Rumah Tertimpa Reruntuhan

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)