Ridwan Kamil Video Call Ganjar Pranowo Bahas Masjid Seribu Bulan Sabit

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 18:20 WIB
Ridwan Kamil Video Call Ganjar bahas pembangunan Masjid Akbar Seribu Bulan
Ridwan Kamil Video Call Ganjar bahas pembangunan Masjid Akbar Seribu Bulan (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan video call dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (7/5/2021). Mereka terlihat asyik berbincang, mengenai pembangunan Masjid Akbar Seribu Bulan di kawasan Kota Baru Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Masjid dengan konsep seribu bulan sabit itu, dirancang oleh Ridwan Kamil atas permintaan Bupati Banyumas Achmad Husein. Dalam perbincangannya, Ridwan Kamil menjelaskan mengenai filosofi dari desain masjid tersebut.

"Konsepnya seribu bulan sabit jadi ada sirip mirip bulan sabit. Berada di daerah yang istimewa dan mudah-mudahan pembangunannya lancar dan bisa menjadi masjid kebanggaan landmark wilayahnya dan yang terpenting memakmurkan dakwah Islam di Banyumas. Luasnya saya lupa tapi kapasitas untuk ribuan jamaah makanya jadi masjid raya," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam video yang diterima.

Sedianya, Kang Emil pun diundang dalam peletakan batu pertama masjid tersebut. Tetapi, ia berhalangan hadir karena agenda kedinasan.
"Hari ini saya dapat undangan groundbreaking yang akan dihadiri oleh Pak Ganjar Pranowo selaku gubernur Jateng atas undangan Pak Achmad Husein Bupati Banyumas. Karena jadwal tak memungkinkan saya hanya mengirimkan video ucapan intinya Masjid Raya Banyumas ini kebetulan Pak Bupatinya meminta saya mendesain insya Allah akan menjadi masjid ikonik di Jateng," katanya.

Sebelumnya, Pemkab Banyumas akan membangun Masjid Akbar Seribu Bulan. Masjid tersebut akan menjadi masjid terbesar di Banyumas. "Gagasannya itu dari lailatul qadar, malam turunnya Al Quran," kata RK saat meninjau lahan yang akan dijadikan masjid tersebut, Sabtu (24/10/2020).

Kang Emil pun pernah mendatangi lokasi yang rencananya akan menjadi titik pembangunan masjid tersebut. "Ada garis melengkung, ibaratnya begitu, itu filosofinya. Tapi yang terpenting itu harus dimakmurkan, bukan berlomba-lomba bermegah-megahan," ujar Emil.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, masjid tersebut akan dibangun di lahan seluas 5 hektar di jalan baru yang menghubungkan Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Gerilya.

"Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 40 miliar. Dibangun bertahap menyesuaikan kondisi keuangan daerah. Kami juga menawarkan kepada masyarakat, kalau ada yang mau menyumbang silakan," kata Husein.

Husein mengatakan, di kawasan tersebut juga disiapkan lahan untuk pembangunan tempat ibadah agama lainnya.

(yum/mud)