Penjelasan Jasa Marga soal Kejar-kejaran 2 Mobil di Tol Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 15:28 WIB
Aksi kejar-kejaran dua unit mobil di jalan tol
Kejar-kejaran mobil di Tol Buahbatu (Foto: Tangkapan layar video viral)
Bandung -

PT Jasa Marga angkat bicara mengenai viral aksi pemobil kejar-kejaran di ruas tol Bandung. Keduanya disebut saling mengenal dan memiliki urusan pribadi.

"Saya penjelasan singkatnya adalah sebenarnya mereka itu saling mengenal dan mereka punya kepentingan pribadi, urusan pribadi lah yang mereka harus selesaikan. Intinya begitu sih," ujar Corporate Communication Departement Head PT Jasa Marga Irra Soenardi kepada detikcom, Kamis (6/5/2021).

Dari informasi yang didapat oleh Jasa Marga, kata Irra, kedua pihak yang terlibat aksi kejar-kejaran itu saling mengenal. Keduanya pun disebut sudah menempuh jalur musyawarah dengan perdamaian.

"Ya karena mereka saling mengenal dan itu urusan pribadi bukan hal-hal urusan di tol, emang dari awalnya si mobil Xenia memang ngejar mobilio itu jadi saling kenal dan ada urusan pribadi. Mungkin mau diselesaikan. Nah kami tidak sampai ke situ ranahnya ya," tutur dia.

Atas kejadian itu, pihaknya pun mengimbau agar pengendara mematuhi etika berkendara. Terlebih di jalur tol yang bebas hambatan. Sebab, kata Irra, hal seperti itu dapat membahayakan bagi pengendara lain.

"Pertama perlu dipahami jalan tol bebas hambatan yang segala sesuatunya sudah diatur. Pertama ada markanya artinya dia nggak boleh tuh nginjek garis solid dan sebagainya. Kemudian ada batas kecepatan di jalan tol harus dipatuhi minimum dan maksimum. Kemudian ada etika berkendara. Artinya semua pengendara tidak boleh bahayakan diri sendiri dan orang lain. Nah itu mungkin mematuhi marka dan rambu yang ada kemudian memperhatikan batas kecepatan maksimum minimum. Karena jalan bebas hambatan dibutuhkan konsentrasi penuh saat mengendarai di tol," kata dia.

Seperti diketahui, Dua unit roda empat terlibat aksi kejar-kejaran di ruas tol. Polisi turun tangan menyelidiki aksi tersebut.

Video aksi kejar-kejaran itu viral di media sosial (medsos) pada Rabu (5/5/2021). Dalam video berdurasi 27 detik itu terlihat dua buat mobil berwarna putih dan silver berada di ruas tol. Informasi dihimpun, kejadian itu terjadi di tol Buahbatu.

Dalam video yang direkam oleh pengendara lain dari arah belakang itu, kedua mobil lantas mengarah ke bahu jalan sebelah kiri. Bahkan kedua mobil nyaris tertabrak oleh truk kontainer yang melintas di belakangnya.

Dalam video juga terlihat kendaraan berwarna silver menabrak bagian belakang mobil berwarna putih. Setelah itu, terjadi kejar-kejaran antara kedua mobil itu. Mobil berwarna putih terlihat berada dari depan dan mobil silver di belakangnya. Jarak antara kedua mobil itu berdekatan.

"Duh berantem nih," ujar perekam suara.

Simak video 'Bahayakan Pengendara Lain, Aksi Kejar-kejaran di Tol Berakhir Damai':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)