Hari Pertama Larangan Mudik, Polisi Cirebon Putar Balik 221 Kendaraan

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 13:40 WIB
Polisi di Cirebon sudah putar balik ratusan kendaraan
Polisi di Cirebon sudah putar balik ratusan kendaraan (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Petugas kepolisian telah melakukan penyekatan larangan mudik secara serentak di semua wilayah, termasuk di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Penyekatan larangan mudik ini berlangsung sejak pukul 00.00 WIB, Kamis (6/5/2021).

Sat Lantas Polresta Cirebon pun masih bersiaga di titik-titik pos penyekatan, salah satunya di pintu Tol Palimanan, tepatnya jalur yang mengarah ke Jateng.

Pantauan detikcom, sejumlah kendaraan dari arah Jakarta diperiksa oleh petugas. Beberapa kendaraan tetap bisa melanjutkan perjalanan lantaran menunjukkan surat tugas dan hasil swab PCR.

Sekadar diketahui, penyekatan kendaraan di wilayah Cirebon tak hanya di Tol Palimanan, tetapi tersebar juga di delapan titik lainnya di jalur pantura.

"Dari sembilan pos penyekatan yang ada di wilayah Cirebon dan sejak pukul 00.00 WIB hingga sekarang, totalnya ada 414 kendaraan yang kita periksa. Hingga siang ini sebanyak 221 kendaraan yang diputarbalikkan ke daerah asal. Data akan di-update setiap tiga jam sekali," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi di pintu Tol Palimanan.

Syahduddi mengatakan dari ratusan pemudik yang diputarbalikkan itu, mayoritas dilakukan pada dini hari tadi. Sebab, menurut Syahduddi, masyarakat tak mengetahui adanya penyekatan larangan mudik pada dini hari tadi.

"Mereka berpikir penyekatan dilakukan pagi. Jadi tengah malam sampai pagi itu paling banyak. Kendaraan yang diputarbalikkan ini tiga per empatnya merupakan pengguna roda dua," kata Syahduddi.

Syahduddi menambahkan petugas Polresta Cirebon bakal bersiaga selama 24 jam di pos penyekatan. "Walaupun di wilayah Purwakarta, Subang dan Karawang ada penyekatan, kita tetap lakukan (penyekatan) untuk mengantisipasi adanya yang pemudik yang lolos," kata Syahduddi.

(mud/mud)