Mudik Lewat Pantura Via Arteri Akan Diputar Balik di Simpang Mutiara Karawang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 13:27 WIB
Karawang -

Larangan mudik Lebaran 2021 mulai berlaku hari ini. Ratusan posko penyekatan dan checkpoint telah dijaga TNI-Polri, termasuk di Pos Penyekatan Simpang Mutiara Karawang, Jawa Barat.

Pantauan detikcom, Kamis (6/5/2021), di Simpang Mutiara, Desa Jomin Barat, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang, puluhan anggota TNI-Polri hingga Dishub Karawang berjaga. Mereka memeriksa sejumlah kendaraan yang diduga membawa penumpang hendak mudik.

Semua kendaraan dengan pelat nomor polisi di luar Karawang mereka berhentikan, terlebih berpelat B. Para petugas menanyakan tujuan perjalanan kendaraan dan memeriksa surat-surat kelengkapannya.

Posko Penyekatan Simpang Mutiara, Karawang.Posko penyekatan Simpang Mutiara, Karawang (Farih/detikcom)

Jika kedapatan hendak mudik tanpa membawa persyaratan, kendaraan berpelat di luar Karawang pun diminta putar balik. Adapun kendaraan yang diloloskan melanjutkan perjalanan adalah pengemudi serta penumpangnya yang melengkapi dokumen persyaratan perjalanan.

Kanit Bimas Polsek Cikampek Iptu Iska Drajat menyebut Pos Penyekatan Simpang Mutiara ini adalah posko lapis kedua setelah pos penyekatan di Gerbang Tol (GT) Cikopo. Kendaraan pemudik yang lolos di GT Cikopo akan kembali diperiksa di posko ini.

"Sesuai dengan perintah pimpinan, kita tetap laksanakan penyekatan. Kalau diketemukan ada yang diindikasikan mau mudik, kita imbau untuk putar balik," kata Iska saat ditemui di lokasi.

Iska menyebut Pos Penyekatan Simpang Mutiara merupakan salah satu pos penyekatan di jalur arteri. Jalan ini kerap digunakan para pemudik sebagai jalur tikus menuju Pantura, yang dapat menghubungkan antara Karawang, Purwakarta, hingga ke daerah Jawa, melalui Subang, Indramayu, dan Cirebon.

"Pemeriksaan kendaraan di sini untuk mencegah pemudik yang nekat mudik lewat jalur arteri ke arah Pantura," ucapnya.

Dia menyebut ada puluhan kendaraan diperiksa dan diputar balik sejak pemberlakuan larangan mudik pada pukul 00.00 WIB dini hari tadi. Puluhan kendaraan itu diputar balik kembali ke GT Cikopo atau ke arah Purwakarta.

"Putar balik bisa ke arah tol, bisa juga ke arah Cikampek. Ini kan jalur arteri ke Pantura. Jadi kita arahkan lagi ke arah Cikampek atau balik lagi ke arah Purwakarta. Yang penting tidak lewat ke arah Pantura," ujarnya.

(fas/zak)