Petugas Putar Balik Kendaraan Pemudik di Exit Tol Buahbatu Bandung

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 13:16 WIB
Petugas putar balik kendaraan yang keluar di Tol Buahbatu
Petugas putar balik kendaraan yang keluar di Tol Buahbatu (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Diduga melakukan mudik ke Tasikmalaya, pengguna mobil Toyota Fortuner berpelat T diputar balik oleh petugas gabungan di Check Point Buahbatu, Kota Bandung.

Pantauan detikcom, Kamis (6/5/2021) pengguna mobil ini sangat mencolok, diduga akan melakukan mudik karena membawa barang bawaan yang disimpan di atas kap mobil.

Selain itu, penumpang yang ada di mobil ini berisi empat orang dan satu di antaranya merupakan anak kecil. Pengguna mobil ini sempat memperlihatkan, dokumen kesehatan, namun karena diduga akan melakukan mudik pengguna kendaraan ini akhirnya diputar balik oleh petugas.

Selain itu, ada juga warga yang melintas dan hendak bekerja di Kota Bandung tapi tidak bisa memperlihatkan dokumen perjalanan atau surat keterangan dari perusahaannya, juga diputar balik.

Dari catatan petugas, hingga Pukul 11.00 WIB ada sekitar 117 kendaraan berpelat nomor luar Bandung diperiksa oleh petugas. 17 di antaranya diputar balikan karena tidak dapat menunjukan dokumen perjalanannya.

"Di tol ini ada 177 yang diperiksa dan 17 diputar balik," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial usai melakukan pemantauan di Exit Tol Buahbatu.

Oded berujar, sebelumnya ia melakukan pemantauan ke Exit Tol Moh Toha. Selain itu untuk Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Bandung juga memantau check point lainnya.

Oded juga berpesan kepada petugas gabungan, agar tetap ramah terhadap warga yang melintas. Selain itu, beri juga warga edukasi agar mengurungkan niatnya untuk mudik.

"Saya berharap mudah-mudahan pos ini bisa efektif, kita harus laksanakan SOP dengan catatan harus humanis, tidak boleh ada kekerasan," ujarnya.

"Berilah mereka edukasi, agar mereka memahami betul-betul masuk ke Bandung harus taat aturan," tambahnya.

(wip/mud)