Dibagi 3 Shift, Pos Penyekatan Pemudik di Kota Bandung Dijaga 24 Jam

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 15:11 WIB
Pemkot Bandung mengecek kesiapan check point penyekatan pemudik
Foto: Penyekatan pemudik di Bandung (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Sebanyak 1.500 personel gabungan mulai disebar ke titik-titik penyekatan mudik di Bandung. Polisi akan berjaga 24 jam dengan sistem shif guna menghalau pemudik keluar-masuk Kota Bandung.

"Besok kita langsung ke pos masing-masing yang mana pos penyekatan. Kemudian personel yang dilibatkan sebanyak 1.500 personel terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan (Dinas) Perhubungan," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (5/5/2021).

Ada sembilan pos penyekatan yang disiapkan di Kota Bandung. Lima di antaranya pos penyekatan di gerbang tol dan empat lainnya di jalur arteri di perbatasan Kota Bandung.

Ulung mengatakan petugas nantinya akan mengecek kendaraan termasuk surat kesehatan yang dibawa pengendara. Bila memang ditemukan pemudik, pihaknya akan langsung memutarbalikkan kendaraan.

"Kita balikin, pokoknya kita kembalikan," tuturnya.

Sementara itu guna mengantisipasi pengendara yang curi-curi waktu untuk masuk ke Bandung, pihaknya menyiagakan personel selama 24 jam di pos masing-masing. Nantinya, akan digunakan sistem shif bagi petugas.

"Dalam kegiatan itu nanti kita buat tiga shif secara bergantian, jadi secara 24 jam, jadi kegiatan penyekatan itu di Kota Bandung berjalan terus," kata dia.

"Dengan adanya shif ini otomatis kan pintu yang kita persiapkan untuk menjaga dan mengantisipasi agar tidak banyak yang masuk tanpa sepengetahuan kita," ujar dia menambahkan.

(dir/mso)