Jelang Larangan Mudik, 8 Travel Gelap Diamankan di Puncak Bogor

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 14:41 WIB
Travel gelap diamankan di Puncak Bogor.
Foto: Travel gelap diamankan di Puncak Bogor (Istimewa).
Bogor -

Polisi mengamankan 8 unit travel gelap yang digunakan untuk mengangkut pemudik di kawasan Puncak Bogor. 8 unit travel gelap yang diamankan baru bisa diambil pemiliknya setelah operasi ketupat lodaya berakhir.

"Ada 8 unit travel gelap yang kita amankan. 8 unit travel gelap ini kita amankan dalam operasi penyekatan pra mudik, operasi kita gelar selama 3 hari, mulai 2 Mei-4 Mei," kata Kapolres Bogor AKBP Harun dalam keterangannya di Polres Bogor, Rabu (5/5/2021).

"Dari 8 kendaraan yang diamankan, 6 di antaranya mobil pribadi yang digunakan untuk angkut pemudik dan 2 mobil travel yang menyalahi trayek," tambah Harun.

8 unit travel gelap ini, kata Harun, membawa pemudik dari Depok dengan tujuan beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Cianjur, Ciamis dan Cilacap, Jawa Timur.

"Jadi travel gelap ini berangkat dari Depok, tujuannya rata-rata Ciamis, ada ke Cianjur dan Cilacap Jawa Tengah," ucapnya.

"8 unit travel itu sekarang kita amankan, dan mobilnya bisa diambil kalau kita selesai operasi. Kita juga kenakan penilangan, dan kita jerat dengan pasal 308 undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan dengan ancaman kurungan maksimal 2 bulan," sambungnya.

Dalam aksinya, travel-travel gelap ini mencari penumpang melalui media sosial dengan tujuan wilayah tertentu.

"Setelah terdata penumpang dan tujuan, kemudian travel menentukan titik penjemputan. Setelah itu mereka lakukan perjalanan, mereka pilih jalur Puncak karena ada penyekatan ketat di jalur tol kan. Tetapi tetap saja, karena di Bogor juga ada pengetatan penyekatan," kata Harun.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Pratama mengatakan 8 unit travel gelap ini diamankan petugas patroli di kawasan Puncak Bogor. 8 unit travel gelap ini diamankan saat melaju ke arah Cianjur, Jawa Barat.

"Travel-travel gelap ini diamankan ketika malam hari. Kemungkinan ini cara sopir untuk menghindari petugas. Tapi anggota kita kan memang patroli 24 jam, sehingga selalu terpantau dan travel gelap ini kita amankan," ujar Dicky.

Harun menambahkan, dalam upaya menghalau pemudik, Polres Bogor mendirikan 8 pos sekat di titik-titik perbatasan wilayah Kabupaten Bogor. Seperti Puncak Bogor, Cariu, Cileungsi, Cigombong, Cibinong, Parung, dan Jasinga.

(mso/mso)