Jelang Lebaran, Distan Kabupaten Bandung Pastikan Stok Pangan Aman

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 13:39 WIB
Kepala Distan Kabupaten Bandung Tisna Umaran
Foto: Kepala Distan Kabupaten Bandung Tisna Umaran (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Dinas Pertanian Kabupaten Bandung memastikan stok pangan aman jelang memasuki hari lebaran 2021. Sejumlah harga sayuran pun diprediksi menurun, sedangkan harga daging sapi akan meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Distan Kabupaten Bandung Tisna Umaran. Ia mengatakan, stok pangan beras dan sayuran diprediksi aman.

"Kalau beras dan sayuran lainnya relatif stabil dan stoknya cukup," ujar Tisna kepada wartawan di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (5/5/2021).

Selain stok pangan, Tisna mengatakan harga komoditas sayuran pun sudah mengalami penurunan. Seperti cabe yang sempat melonjak harganya pada awal tahun.

"Jadi kalau lihat, posisi hari ini mulai relatif normal, cabe mudah membaik, cabe rawit 20 ribu, cabe besar sekitar harga segitu juga. Jadi harga itu buat petani tidak rugi, konsumen tidak terlalu mahal," katanya.

Kemudian, harga komoditas hewani diprediksi mengalami peningkatan menjelang Lebaran. Di mana, daging sapi segar akan menginjak harga Rp 120-Rp 130 ribu.

Maka dari itu, ia menyarankan agar masyarakat membeli daging beku. Daging tersebut dinilai lebih ekonomis dengan nutrisi yang sama baiknya dengan daging segar.

"Kalau segar, ada kekurangan suplai, pengirimannya relatif mahal sehingga harga di tingkat konsumen Rp 120-Rp 130 ribu. Kalau daging beku dari Rp 75 ribu sampai Rp 90 ribu. Saya pikir selisih 20 ribu sangat berarti," ujarnya.

(mso/mso)