Salat Id di Alun-alun Serang Ditiadakan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 23:10 WIB
Wali Kota Serang Syafrudin akan setop PSBB
Wali Kota Serang Syafrudin (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Salat Id tahun ini di Alun-alun Kota Serang ditiadakan. Termasuk di stadion yang selalu digunakan salat berjamaah yang bisa menampung ribuan orang.

"Pemkot tidak melaksanakan (salat) Idul Fitri, tapi di masjid silahkan. Biasanya di alun-alun maupun di stadion tidak ada sesuai arahan menteri agama. Zona merah dan oranye tidak boleh, masyarakat boleh," kata Wali Kota Serang Syafrudin, Selasa (4/5/2021).

Kesepakatan ditiadakannya salat Id di alun-alun diputuskan berdasarkan musyawarah antara forum komunikasi pimpinan daerah. Selain itu, untuk warga Kota Serang dilarang untuk mudik khususnya ke wilayah kategori aglomerasi Jabodetabek.

Selain itu, pasar malam di Royal yang tiap tahun jadi pusat keramaian warga saat berbelanja akan dibatasi. Pihaknya melarang ada penambahan pedagang di lokasi itu.

"Kebiasaan di Royal ini tidak diizinkan penambahan pedagang, berdagang biasa berjalan seperti biasa tidak ditutup," ujar Syafrudin.

Pasar Royal selama ini jadi pusat perbelanjaan, khususnya saat malam takbiran. Tradisi berbelanja di pasar ini disebut 'jedogan' dan berpotensi jadi kerumunan saat pandemi COVID-19.

Untuk pegawai lingkungan Pemkot Serang, disediakan aturan bagi mereka untuk melapor lokasi keberadaan saat ada larangan mudik dan Idul Fitri. Mereka diminta mengirim peta lokasi melalui aplikasi handphone. Diberikan sanksi tegas bagi para pelanggar aturan itu.

"Ada sanksi sesuai aturan, yakin pasti kita tindak, mereka harus shareloc, kalau menyeberang ke Tangerang kena sanksi," kata Syafrudin.

Selama larangan mudik 6-17 Mei, di Kota Serang ada tujuh titik penyekatan. Ada 200 personel dari lingkungan Pemkot Serang bertugas 24 jam. Di setiap posko disediakan tes antigen untuk mereka yang terjaring penyekatan.

(bri/bbn)