Heboh! Rumpon Asal Maldives Terapung di Perairan Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 21:44 WIB
Rumpon Maldives Terapung di Perairan Sukabumi
Rumpon asal Maldives yang terapung di perairan Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Nelayan di Kabupaten Sukabumi digegerkan dengan benda asing yang mengapung di perairan antara Ujunggenteng dan Pangumbahan, Selasa (4/5/2021).

Benda bulat bercat oranye itu terombang-ambing. Posisinya pun tidak bergeser sejak ditemukan pagi tadi.

"Diameternya kurang lebih sekitar satu meter. Nelayan sini enggak ada yang tahu itu benda apa. Ketika akan dibawa ke tepi, ternyata ada tali sling ke bawah seperti nyangkut ke sesuatu," kata Asep Jeka, tokoh nelayan Ujunggenteng, melalui sambungan telepon.

Nelayan belum mengetahui pasti benda itu rumpon atau bukan. Begitupun asal-usul benda tersebut terapung di perairan Sukabumi.

"Kalau memang rumpon posisinya pasti di tengah, kalau ini agak dekat ke pesisir. Entah memang rumpon terbawa atau alat pendeteksi tsunami (Buoy) atau bukan enggak ada yang tahu benda itu apa," ujar Asep.

Benda bulat itu terdapat tulisan dan angka. Ada angka '50' berwarna putih dan tulisan timbul berbahasa Inggris yang salah satunya tertera tulisan 'Maldives'. Maldives atau Maladewa adalah sebuah negara kepulauan di Samudera Hindia.

Rumpon MaldivesKumpulan foto rumpon Maldives yang dihimpun Google Image. (Foto: tangkapan layar Google)

Penelusuran detikcom melalui Google Image, benda itu bernama fish aggregating device atau rumpon (alat bantu penangkapan ikan). Foto dihimpun Google ini menampilkan rumpon asal Maldives yang bentuk serta cirinya identik dengan benda yang terapung di perairan Sukabumi.

Nelayan Sukabumi sudah meneruskan temuan benda itu ke polisi. "Sudah kita laporkan ke Polair terkait penemuan benda tersebut, namun belum dapat kabar lagi tentang kejelasan benda itu," ucap Asep.

(sya/bbn)