Kepala Daerah di Ciayumajakuning Segera Bertemu Bahas Mudik Lokal

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 03:30 WIB
Kepala Daerah di Ciayumajakuning segera bertemu bahas larangan mudik
Kepala Daerah di Ciayumajakuning segera bertemu bahas larangan mudik (Foto: Bima Bagaskara)
Majalengka -

Kepala daerah di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) akan segera melakukan pertemuan untuk menyikapi larangan mudik pada lebaran tahun ini.

Pertemuan yang rencananya akan diadakan di Kota Cirebon ini bertujuan untuk membahas kemungkinan pelonggaran perjalananan bagi masyarakat Ciayumajakuning.

"Kita akan berbicara dengan kepala daerah di wilayah Ciayumajakuning untuk menyikapi larangan mudik," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi saat diwawancarai detikcom, Selasa (4/5/2021).

Menurut Karna dalam pertemuan nanti akan dibahas bagaimana mengatur aktivitas masyarakat yang berada di wilayah perbatasan Ciayumajakuning agar tetap berjalan normal meski ada penyekatan.

Sementara untuk pemudik dari luar wilayah Ciayumajakuning Karna mengharapkan adanya penyekatan di daerah asal sehingga bisa mengurangi pemudik yang datang.

"Untuk pemudik luar daerah sebetulnya kalau dari sumber pemberangkatannya sudah diperketat otomatis berkurang yang datang. Tinggal kita mengatur masyarakat terutama yang dekat di wilayah perbatasan," ucapnya.

Karna juga menjelaskan kemungkinan akan dibuat aturan khusus bagi masyarakat Ciayumajakuning agar bisa melakukan perjalanan lintas wilayah. Kata dia, salah satu klasifikasi bagi masyarakat yang dibolehkan bepergian di Ciayumajakuning ialah kendaraan pengangkut barang dan pekerja.

"Untuk yang ngangkut barang boleh, pekerja juga boleh, itu klasifikasinya. Makanya akan dibuat keterangan khusus bagi yang mudik ke wilayah Ciayumajakuning bisa dengan surat pengantar," ujarnya.

"Contoh ada di orang Kuningan yang kerja di Majalengka. Ketika mereka ingin pulang nanti akan dibuat surat keterangan nanti, nanti juga bisa dikawal pulangnya," lanjut Karna.

Meski sudah merencanakan pertemuan dengan kepala daerah di Ciayumajakuning namun Karna belum mengetahui pasti kapan pertemuan tersebut akan diadakan.

"Saya sudah komunikasi dengan Walikota Cirebon karena nanti pertemuan tuan rumahnya di Kota Cirebon, pertemuannya mudah-mudahan dalam waktu dekat ini," pungkasnya.

(mud/mud)