Hati-hati Peredaran Uang Palsu Marak Jelang Lebaran di Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 15:16 WIB
Ilustrasi Uang Palsu
(Foto: Ilustrasi oleh Basith Subastian)
Karawang -

Memanfaatkan momentum jelang lebaran, para pelaku pengedar uang palsu mulai marak di Karawang. Banyak pemilik warung kelontongan menjadi target incarannya.

Pemilik warung kelontong, Dedeh (60) mengakui menjadi korban uang palsu pecahan seratus ribu. Ia menceritakan, berawal dari pelanggan seorang pria membeli sebungkus rokok ke warungnya dengan pecahan uang seratus ribu.

"Saya kena uang palsu, pas ada orang yang gak dikenal beli rokok, pakai uang seratus ribuan, terus saya kembalian, setelah itu dia pergi, pas saya belanjakan ke pasar uangnya ternyata pas di cek palsu," katanya saat ditemui di warungnya, di jalan By Pass, arah Tanjungpura, Karawang, Selasa (4/5/2021).

Bukan Dedeh saja, salah satu pedagang, di Dusun Ciherang Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur, juga menjadi korban uang palsu.

"Sudah 2 kali melakukan transaksi, membelinya tidak seberapa, uang yang di bawa lumayan, sudah tempat jualan tergusur karena penataan lingkungan, ditambah lagi masa pandemi," ujar Riya Fidya pemilik warung kelontong.

Sementara itu, Kasatreskrim AKP Oliestha Ageng Wicaksana mengatakan hingga saat ini belum ada laporan yang masuk terkait kasus peredaran uang palsu.

"Belum ada laporan yang masuk ke kami," kata Oliestha saat dihubungi melalui WhatsApp.

Ia juga mengimbau, agar masyarakat berani melapor bila menjadi korban dari pelaku peredaran uang.

"Seharusnya berani, melaporkan ke kami, bukan ke media sosial, karena kalau perkara uang palsu bukan batasan nominal kerugian, karena kemungkinan pelaku buat uang palsu bukan cuma satu lembar," jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat, agar tetap waspada dengan berbagai kondisi.

"Kejahatan itu tidak mengenal musim, jadi kewaspaan itu penting, tetap jangan lengah," tandasnya.

Lihat juga Video: Waspada! Uang Palsu Beredar Jelang Lebaran, Pelakunya Tertangkap di Tasikmalaya

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)