Jelang Sahur, Banyak Pemudik Melintas di Jalan Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 04:00 WIB
Pemudik di Karawang
Foto: Pemudik melintas di Jalan Pangkal Perjuangan, Karawang (Yuda Febrian Silitonga/detikcom).
Karawang -

Jelang sahur, sejumlah pemudik banyak melintas di Jalan Pangkal Perjuangan, Karawang. Mereka yang melintas sebagian besar menggunakan sepeda motor.

Dari pantauan detikcom, Selasa (4/5/2021 sekitar pukul pukul 01.00 WIB, terlihat sejumlah pemudik yang menggunakan roda dua melintas dari arah Cikarang dan Bekasi di Jalan Pangkal Perjuangan, Karawang.

Tak ada penyekatan dari perbatasan Cikarang, Bekasi, dan Karawang pada malam hari dimanfaatkan para pemudik untuk melintas. Rata-rata, terhitung puluhan kendaraan roda dua melintas setiap satu jam.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Karawang Ade Safrudin membenarkan adanya peningkatan jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua sebanyak 2 persen saat tengah malam, hingga setelah sahur.

"Saya belum mendata pastinya, kalau disimulasikan itu, misal 60 kendaraan setiap malam, semenjak seminggu kemarin naik dua persen jadi 85 kendaraan," tuturnya.

Terkait penyekatan, pihaknya masih akui bersifat tentatif hingga nanti secara penuh diterapkan pada fase peniadaan mudik, 6 sampai 17 Mei.

"Untuk saat ini penyekatan masih tentatif, tidak sepenuhnya dijaga ketat, sampai nanti secara penuh diterapkan di peniadaan mudik, 6 sampai 17 Mei," tandasnya.

(mso/mso)