Angkut Pemudik, 5 Travel Gelap Diamankan Polisi di Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 14:25 WIB
Polisi amankan travel gelap di Bandung.
Foto: Polisi amankan travel gelap yang angkut pemudik di Bandung (Istimewa).
Kabupaten Bandung -

Tiga hari menjelang larangan mudik, sejumlah kendaraan yang diduga travel gelap diamankan petugas Satlantas Polresta Bandung. Mereka diduga menentukan tarif kepada penumpang dan menjanjikan sampai ke lokasi tujuan.

Hal tersebut diungkapkan Kanit Turjawali Satlantas Polresta Bandung AKP Kiki Hartaki. Ia mengatakan, ada lima ke kendaraan travel gelap yang berhasil dicegat pada penyekatan pra mudik di gerbang exit Tol Cileunyi dalam tempo waktu 30 April hingga 3 Mei 2021.

"Kami dari Satlantas Polresta Bandung hari ini sudah mengamankan 5 unit kendaraan travel gelap dalam pelaksanaan penyekatan pra mudik di Tol Cileunyi," kata Kiki saat dihubungi detikcom, Senin (3/5/2021).

Kiki mengatakan, saat proses penyekatan petugas melihat ciri-ciri kendaraan, yakni mobil berpelat nomor luar Bandung Raya, kemudian terlihat menumpuknya penumpang. Selain itu, kata Kiki, dari identitas milik penumpang tidak ada yang satu domisili.

Dari hasil pengembangan, kata Kiki, setiap penumpang dimintai tarif oleh penyedia travel gelap tersebut. Rata-rata mereka dimintai tarif senilai Rp 300 ribu.

"Dipastikan penumpang tersebut membayar kurang lebih Rp 300 ribu," ungkap Kiki.

Lanjut Kiki, setiap kendaraan diketahui berasal dari Jakarta menuju Tasikmalaya dan Jawa Tengah. Salah satu yang berhasil diamankan mengangkut tujuh penumpang dengan tujuan ke Wonosobo, Jawa Tengah.

"Kami juga mengamankan kendaraan pribadi yang digunakan membawa penumpang dari Bandung menuju Wonosobo. Kurang lebih 7 penumpang. Mereka dijanjikan sampai tujuan Wonosobo sesuai alamat yang dituju," terangnya.

Saat ini, kelima mobil gelap tersebut diamankan oleh petugas. Sementara pemilik kendaraan akan dimintai keterangan dan akan mengikuti persidangan.

"Yang jelas telah melanggar UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 308, kendaraan pribadi yang digunakan untuk membawa penumpang. Dan kami laksanakan sidang tanggal 21 Mei 2021 nanti," ujar Kiki.

(mso/mso)