Kondisi Terminal Leuwi Panjang Bandung Jelang Larangan Mudik Lebaran

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 19:29 WIB
Situasi Terminal Leuwipanjang jelang larangan mudik
Situasi Terminal Leuwipanjang jelang larangan mudik (Foto: Siti Fatimah)
Bandung -

Jelang mudik lebaran 2021 dan larangan mudik mulai 6 Mei-7 Mei, situasi Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung masih sepi. Belum tampak ada kenaikan penumpang.

Dari pantauan detikcom, sekitar pukul 16.00 WIB aktivitas penumpang naik dan turun di Terminal Leuwi Panjang masih sepi. Terlihat hanya beberapa penumpang yang menaiki bus dengan berbagai tujuan wilayah.

Aktivitas armada bus juga berjalan normal seperti biasanya. Tidak ada lonjakan yang signifikan. Beberapa penumpang lainnya nampak membawa tas besar dan kardus.

Kernet bus pun terlihat mondar-mandir dan menanyakan tujuan setiap orang yang datang. Sedangkan sopir bus mulai berangkat ke tempat tujuan meskipun dengan penumpang seadanya.

Kepala Terminal Leuwi Panjang Asep Hidayat pun membenarkan informasi mengenai kondisi tidak adanya lonjakan penumpang.

"Masih sangat sepi mba penumpang hanya diberangkatkan 1300 atau 1500 begitupun kedatangan hampir sama," kata Asep saat dihubungi detikcom, Minggu (2/5/2021).

Dia mengatakan, kondisi tersebut terjadi lantaran adanya larangan mudik ditambah dengan pengetatan jalan. "Penyebabnya mungkin dengan adanya larangan mudik dan pengetatan di jalan," ujarnya.

Selain itu, selama larangan mudik seluruh PO Bus tidak akan beroperasi secara total. "Rencana seperti itu po bus tidak pada mau beroperasi dengan adanya diberlakukan penumpang bersyarat," kata Asep menambahkan.

Sepinya penumpang bus di musim lebaran ini diakui Asep, tidak lebih baik dari tahun lalu. Tahun 2020 terminal Leuwi Panjang yang menjadi transportasi AKDP dan AKAP tidak beroperasi namun masih menarik penumpang lebih banyak dari tahun ini.

"Tahun lalu terminal tutup mba,tapi sebelum masa lebarannya penumpang sekitar 1700/2000 (lebih tinggi dari tahun ini)," katanya.

Terminal Leuwi Panjang memiliki tujuan ke beberapa daerah seperti Depok, Cileungsi, Sukabumi, Cikarang, hingga Jakarta. Sementara itu, salah satu sopir bus jurusan Bandung-Jakarta mengaku kesulitan untuk mendapatkan penumpang.

"Sepi pisan (sepi sekali) biasanya dekat-dekat ke lebaran suka banyak yang datang. Tapi mungkin karena dengar larangan mudik itu jadi ya pada enggak pergi-pergian," tutur pria tersebut yang tidak ingin disebutkan identitasnya.

(mud/mud)