Jelang Lebaran, Warga Bejubel di Wisata Belanja Alun-alun Bandung

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 16:24 WIB
Warga mulai memadati pusat perbelanjaan di kawasan Alun-alun Bandung
Warga mulai memadati pusat perbelanjaan di kawasan Alun-alun Bandung (Foto: Siti Fatimah)
Bandung -

Warga Bandung terlihat mulai memadati pusat wisata belanja di kawasan Alun-alun Kota Bandung. Keramaian masyarakat ini juga mengakibatkan lalu lintas di sekitar Jalan Dewi Sartika-Jalan Pungkur-Jalan Otista padat.

Pantauan detikcom di lokasi pada Minggu (2/5/2021) pukul 14.30 WIB kendaraan beroda empat mendominasi Jalan Dewi Sartika dan kemacetan mengekor hingga Jalan Pungkur. Kepadatan masyarakat pun terjadi di dua pusat perbelanjaan yaitu di Yogya Kepatihan dan The Kings Shopping Centre.

Beberapa petugas pun terlihat di lapangan melakukan pengaturan kepadatan masyarakat. Terlebih di Jalan Kepatihan sudah ditutup sehingga secara tidak langsung menjadi area bebas bagi pejalan kaki.

Penanggung Jawab Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perhubungan Deni Islamil mengatakan, kepadatan masyarakat mulai terlihat sejak pukul 10.00 WIB. Menurutnya kondisi di tahun ini lebih ramai jika dibandingkan tahun lalu.

"Kalo untuk keramaian di lebaran tahun sekarang lebih melonjak dari tahun kemarin. Kenapa? Karena tahun kemarin kan masih ada covid mungkin sekarang udah mulai reda, pengumpulan orang banyak dan mulai terjadi," kata Deni kepada detikcom di lokasi.

Lebih lanjut, dia mengatakan keramaian sudah mulai terjadi sejak satu minggu yang lalu. Ini pun berkaitan dengan adanya ruang bagi warga luar Kota Bandung masuk ke kawasan wisata belanja Alun-alun.

"Tahun kemarin di tutup total, sekarang juga masih ditutup tapi kita mulai bergerak (menutup) dari jam 9 malam sampai jam 5 pagi. lalu lintas pasti udah mulai macet. Kedatangan orang dari daerah lain ke Kota Bandung masih bisa. Tapi Insyaallah tanggal 6 kita mulai penyekatan gabung dengan Polrestabes untuk menerapkan simdek," jelasnya.

Upaya penguraian kemacetan pun dilakukan melalui buka tutup jalan. "Mungkin hari ini akan kita tutup dulu yang arah Parahyangan, kings, dan yogya kepatihan sudah kami tutup. Mungkin rencana di depan juga akan dibuang lagi lurus ke arah Alun-alun, jadi titik macet bisa terurai," kata Deni menambahkan.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk menahan berbelanja di masa menjelang lebaran. "Kami mohon jangan merasa hari raya ini bisa belanja atau kumpul ke alun-alun Bandung. Bisa tahun depan lah. Kita lebih baik uangnya dipakai sedekah atau dipake ke anak yatim piatu. itu lebih bagus dan lebih baik," pungkasnya.

(mud/mud)