Gelar Salat Ied, Masjid Raya Bandung Batasi Kapasitas Jemaah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 03:20 WIB
Ribuan jemaah datangi Masjid Raya Bandung untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah. Sejumlah protokol kesehatan pun diterapkan guna cegah penyebaran COVID-19.
Suasana salat di Masjid Raya Bandung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Masjid Raya Bandung berencana menggelar salat idul fitri. Kapasitas jemaah akan dibatasi sesuai aturan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Insya Allah, dan juga kalau pun disyaratkan 50 persen, lebih dari 50 persen, kapasitas masjid ini 14 ribu ya, paling-paling yang hadir cuma empat ribu, hanya berapa persennya malahan," ujar Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja kepada wartawan, Sabtu (1/5/2021).

Muchtar menuturkan pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Raya Bandung diprediksi tidak akan full lantaran sebagian masyarakat kemungkinan ada yang sudah mudik. Sebab, Masjid Raya sendiri selama ini bersifat sebagai masjid transit yang mana jemaah beribadah bukan dari wilayah sekitar.

"Jadi gak bakal sampai full, karena kan mereka mudik diam-diam, sementara masjid raya kan masjid transit, bukan penduduk, jadi relatif aman. Semacam tarawih juga tidak sampai 1.000 orang, paling 500 orang," kata dia.

Selain membatasi kapasitas, Masjid Raya Bandung juga tetap mengingatkan agar jemaah yang hendak melaksanakan salat di Masjid Raya Bandung mengedepankan protokol kesehatan. Disinggung adanya pengecekan KTP, kata Muchtar, pihaknya tidak bisa melaksanakan hal tersebut.

"Kita tidak mempunyai kewenangan (memeriksa KTP) karena masjid raya tidak mempunyai kewenangan itu karena kita bukan satgas. Itu tanggung jawab pemerintah, pihak keamanannya, kalau kita kan hanya menyediakan protokol kesehatan saja," ujarnya.

"Bahwa dengan cek suhu, jaga jarak, pakai masker, itu yang standar, karena setiap hari juga di masjid raya tidak tahu apakah itu dari dalam kota atau dari luar kota. Insya Allah karena sebelum masuk kan dipasang pengukur suhu tubuh," kata dia menambahkan.

(dir/mud)