Buruh Turun ke Jalan Saat May Day, Ridwan Kamil: Jaga Ketertiban

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 19:33 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Massa buruh di Bandung Raya akan melakukan aksi turun ke jalan memperingati hari buruh atau May Day pada Sabtu (1/5/2021). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta para buruh taat aturan saat menyampaikan aspirasi.

"Nggak ada masalah. Silakan itu hak demokrasi dari buruh. Namanya juga May Day, tradisi juga begitu," ujar Kang Emil sapaan akrabnya saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (30/6/2021).

Meski begitu, Emil tetap mengingatkan agar para buruh dapat menyampaikan aspirasinya secara teratur. "Pokoknya apa yang disampaikan titip jaga ketertiban, ikuti aturan," kata Emil.

Sebelumnya, sejumlah buruh di Bandung Raya akan menggelar aksi dalam memperingati hari buruh atau May Day. Aksi buruh akan difokuskan di Gedung Sate dan Gedung DPRD Jawa Barat.

"Besok kita aksi turun ke jalan tapi memang dibatasi protokol COVID-19. Kita hanya 300 orang ke Gedung Sate," ucap Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerka Tekstil , Sandang dan Kulit (FSP TSK) SPSI Roy Jinto saat dihubungi, Jumat (30/4/2021).

Roy mengatakan aksi tersebut akan dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Menurut dia, selain adanya pembatasan jumlah massa yang turun ke jalan, massa yang akan datang pun dilakukan rapid test antigen.

(dir/bbn)