Kepala Daerah Dapat THR, Bupati Karawang: Aturannya Baru Muncul

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 16:31 WIB
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana (Foto: dok.detikcom)
Karawang -

Kepastian pejabat negara mendapatkan tunjangan hari raya (THR) tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42 Tahun 2021. Berkaitan soal aturan tersebut, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana tidak menjelaskan rinci THR yang akan didapatkannya.

Tahun lalu, kepala daerah tidak mendapatkan THR karena kondisi ekonomi di Indonesia terdampak pandemi Corona atau COVID-19. Soal tahun ini kepala daerah kebagian THR, Cellica berkomentar singkat.

"Nanti kita akan komunikasikan dulu, ya. Soalnya ini aturan baru muncul, nanti tanya sekda saja," kata Cellica usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Karawang, Jumat (30/4/2021).

Sekretaris Daerah Karawang Acep Jamhuri mengungkapkan belum mengetahui aturan jelas yang berlaku terkait THR. "THR kan itu dari TPP, dari TPP ada regulasinya, kalau tidak salah seperti itu. Tapi untuk aturan yang sekarang itu, saya belum tahu jelasnya. Pasti dari aturan yang dulu seperti saya jelaskan tadi, nanti kami akan bahas dengan asisten daerah," kata Acep.

"Kalau memang benar dapat THR, pasti dibagikan dan saya ambil. Tapi kalau tidak boleh, ya saya menerimanya juga, yang pasti nanti saya cek dulu aturan yang sekarang," ucap Acep.

Ketua DPRD Karawang Fendi Anwar mengakui aturan THR sudah ditetapkan melalui PMK Nomor 42 Tahun 2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberian THR dan gaji ketiga belas, kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan yang bersumber dari APBN.

"Menteri keuangan sudah membuat aturannya, jadi memang pasti mendapat THR, dan sumbernya dari APBN. Kalau melihat tahun kemarin (2020), THR itu tidak dapat," kata Fendi.

Lihat Video: Jokowi Teken PP THR PNS, H-10 Lebaran Cair

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)