Bangunan Sekolah-Puluhan Rumah di Cianjur Terancam Longsor Susulan

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 15:53 WIB
Longsor dan jalan ambles terjadi di kawasan puncak
Longsor dan jalan ambles terjadi di kawasan puncak (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur menyebutkan 2 sekolah dan puluhan rumah terancam longsor susulan di kawasan Puncak Ciloto, warga pun diminta untuk tetap waspada.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan, mengatakan pajang retakan tebing saat ini sudah mencapai 20 meter, namun longsoran belum berdampak besar lantaran masih terhalang bangunan bekas bioskop.

"Jadi yang longsor baru di bagian tebing yang berbatasan dengan bahu jalan. Tanah longsoran tertahan namun juga mengikis bagian gedung bekas bioskop," kata Irfan, Kamis (29/4/2021).

Menurutnya pengikisan dan retakan tanah masih terus terjadi dan berpotensi longsor susulan.

Irfan mengungkapkan ada dua bangunan sekolah dan sekitar 80 rumah penduduk di bawah tebing yang longsor tersebut. Warga pun diminta tetap waspada, sebab longsor bisa terjadi kapan saja.

"Untuk bangunan sekolah, bagian depannya sudah mulai terkena material longsoran. Untuk pemukiman masih aman. Tapi tetap kami minta waspada. Karena jika terjadi longsor susulan, dan bangunan utama bioskop ikut longsor, puluhan rumah di bawahnya bisa tertimbun," kata dia.

Ia menambahkan petugas BPBD dan PUPR Jabar melakukan penanganan sementara dengan menutup retakan tanah.

"Kami minimalisir adanya longsor susulan, dengan menutup retakan. Karena curah hujan tinggi, khawatir akan terus melebar dan membuat longsor susulan," kata dia.

Sebelumnya, Jalur Puncak Cianjur mengalami ambles usai diguyur hujan deras selama beberapa jam, Rabu (28/4/2021). Bahkan sebuah truk sempat terjebak diantara tanah yang amblas.

(mud/mud)