Walkot Bandung Minta Warga Salat Idul Fitri 2021 di Rumah

Siti Fatimah - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 15:17 WIB
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tabitazn)
Bandung -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau warga melaksanakan salat Idul Fitri di rumah bersama keluarga. Wali Kota Bandung Oded M Danial pun sepakat dengan imbauan tersebut.

"Itu sudah kita imbau. Sesuai dengan arahan MUI kan sama seperti itu," kata Oded menegaskan kembali setelah Rapat Koordinasi Nasional secara virtual di Pendopo Bandung, Jalan Dalem Kaum, Rabu (28/4/2021).

Meski Kota Bandung saat ini dalam tingkat kewaspadaan zona kuning, kewaspadaan terhadap kerumunan masih jadi kekhawatiran. "Kenapa? Karena ada kekhawatiran terjadi kerumunan dan pergerakan yang bebas. Mudah-mudahan saya kira warga Kota Bandung bisa memahami itu semua," ujar Oded menambahkan.

Dia mengajak masyarakat dapat mengikuti imbauan salat Idul Fitri di lokasi yang dekat dengan rumah. "Iya di lingkungan RT (Rukun Tetangga)," tutur Oded.

Sebelumnya diketahui, kasus penyebaran virus COVID-19 di Indonesia saat ini masih terjadi. MUI meminta masyarakat tidak mudik dan mengimbau warga agar melaksanakan salat Idul Fitri di rumah bersama keluarga.

"Soal bagaimana persiapan kita menjelang Lebaran, tentu ada dua, ada terkait mudik dan kedua adalah salat Idul Fitri. Sekali lagi, salat Idul Fitri in karena akan menimbulkan kerumunan, karena akan menimbulkan kelompok masyarakat yang berbondong-bondong menuju lapangan, maka kita utamakan untuk sekali lagi salat Idul Fitri di rumah bersama keluarga, terutama yang sudah dinyatakan masih (zona) merah," ujar Sekjen MUI Amirsyah Tambunan melalui siaran video di channel YouTube BNPB, Jumat (23/4).

Amirsyah menjelaskan, imbauan agar melaksanakan salat Idul Fitri di rumah semata-mata untuk mencegah penularan COVID-19. Selain itu, menurutnya, silaturahmi bisa dilakukan dengan cara virtual.

(bbn/bbn)