8 Rumah Rusak Akibat Gempa M 5,6 Sukabumi

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 09:26 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
(Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Sukabumi -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat (BPBD Jabar) melaporkan sedikitnya delapan rumah rusak akibat gempa yang berpusat di sebelah tenggara Kabupaten Sukabumi pada Selasa (27/4/2021) kemarin. Dampak yang ditimbulkan pun bervariasi dari rusak ringan, hingga rusak berat.

Wakil Manajer Pusdalops BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan, dari hasil koordinasi dengan BPBD di daerah, kerusakan terlaporkan di Kp Babakan RT 01/07, Desa Palasari, Cijeruk, Kabupaten Bogor.

"1 Unit rumah rusak sedang (RS), 5 Unit rumah rusak ringan (RR) dan 6 KK 35 Jiwa terdampak di Kp Babakan," tulis Hadi dalam keterangan yang diterima detikcom dalam keterangannya, Rabu (28/4/2021).

Selain di Bogor, laporan kerusakan juga datang dari Kabupaten Sukabumi. Tepatnya di Kp Linggaresmi RT 05/04, Desa Bantargadung, Kabupaten Sukabumi. Dilaporkan ada dua rumah yang rusak berat, lima unit rumah terancam dengan 6 KK dan 35 jiwa yang menghuninya.

"Tidak ada korban jiwa," kata Hadi.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 5,6 M itu dirasakan juga di 16 daerah di Jabar mulai dari Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Depok, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang.

Terkait penanganan dampak gempa, ujar Hadi, BPBD tengah melakukan koordinasi dengan aparat kewilayahan setempat. Proses assesment kerusakan masih dilakukan.

"Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Barat memantau dan melakukan Koordinasi dengan BPBD Kabupaten / Kota di Jawa Barat. BPBD Kabupaten Sukabumi melakukan pengecekan terhadap wilayah yang merasakan gempa," katanya.

Simak Video: Netizen Heboh, 'Gempa' dan 'Sukabumi' Jadi Trending di Twitter

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mud)