2 Rumah di Sukabumi Ambruk Pasca Gempa, Tak Ada Korban Jiwa

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 00:03 WIB
2 rumah di Sukabumi ambruk pasca gempa (Dok BPBD Sukabumi)
Foto: 2 rumah di Sukabumi ambruk pasca gempa (Dok BPBD Sukabumi)
Sukabumi -

2 unit rumah di Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ambruk pasca gempa berkekuatan magnitude (M) 5,6. Saat ambruk, kedua rumah itu tidak berpenghuni.

"Kondisi sebelumnya memang lokasi tersebut kawasan bencana pergerakan tanah, kondisi rumah sudah miring. Lalu ketika terjadi gempa bumi sore tadi akhirnya ambruk, tidak ada korban karena rumah sudah dalam keadaan kosong," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani kepada detikcom, Selasa (27/4/2021).

Rumah itu diketahui milik Husen dan Emar, yang sebelumnya dihuni oleh 5 orang. Selain rumah keduanya, ada 5 rumah lainnya yang juga terancam ambruk.

"Jadi informasi dari rekan-rekan di lapangan kondisi rumah terpicu getaran gempa. Pada pukul. 20.30 WIB rumah terdampak sudah dibersihkan dan sudah dirapikan, taksiran kerugian sekitar Rp 300 juta," ujar Anita.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,6 M mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021), sekitar pukul 16.23 WIB. Getarannya juga terasa di wilayah Bandung Raya, Jakarta dan sejumlah lokasi di Jawa Barat.

Titik gempa tersebut terjadi di 103 km tenggara, Kabupaten Sukabumi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengatakan dalam akun resminya, gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG.

(sya/isa)