Marak Remaja Perang Sarung di Kota Banjar Bikin Resah Warga

Faizal Amiruddin - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 17:08 WIB
Perang Sarung di Kota Banjar
Perang sarung di Kota Banjar. (Foto: tangkapan layar video viral)
Kota Banjar -

Tren negatif perang sarung di kalangan anak-anak dan remaja terjadi juga di Kota Banjar. Tawuran dengan menggunakan sarung yang digulung dan ujungnya diikat ini, membuat sebagian warga Kota Banjar resah.

Salah satu kejadian perang sarung di Kota Banjar yang rekaman videonya menyebar, terjadi di Jalan Letjen Suwarto, pagi hari selepas subuh. Sekelompok remaja terlibat tawuran di tengah jalan raya yang masih lengang dari kendaraan.

Mereka saling serang dengan menggunakan sarung. Suasana riuh, kata-kata umpatan diumbar. Beberapa orang dari mereka ada yang menggunakan kain samping, sehingga jangkauan pukulannya lebih panjang.

"Kami berharap pihak terkait melakukan penertiban, karena meresahkan warga dan tentunya membahayakan mereka sendiri," kata Entis Sutisna, Ketua RW 4, Dusun Cibulan, Sabtu (24/4/2021).

Dia mengatakan perang sarung juga nyaris terjadi di Jalan Kawadanaan, Kota Banjar. "Kemarin sempat mau terjadi lagi di Jalan Kawadanaan, tapi berhasil dihalau warga dan mereka bubar," kata Entis.

Sementara itu pada pagi ini, kerumunan remaja yang diduga sedang menunggu lawan perang sarung terpantau di Jalan Letjen Suwarto. Beberapa orang diantaranya datang dengan mengendarai sepeda motor. Tanpa mengenakan helm dan knalpot bising. "Saya memberanikan diri mengambil video mereka, tapi mereka malah membubarkan diri, mungkin takut diviralkan," kata Susi, warga sekitar.

Sementara itu pantauan detikcom di media sosial Facebook, sudah terdapat beberapa grup bertajuk perang sarung Kota Banjar. Grup bersifat privat atau hanya akun-akun yang disetujui admin yang bisa masuk. Diduga grup ini yang menjadi sarana janjian anak-anak remaja ini sebelum perang sarung.

(bbn/bbn)