Catat! Ini 8 Titik Penyekatan Pemudik di Kabupaten Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 09:57 WIB
Gerbang Tol Cileunyi
Gerbang Tol Cileunyi (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Sebanyak delapan titik penyekatan di Kabupaten Bandung disiapkan untuk mencegah pemudik. Polisi mulai memperketat penyekatan pada 22 April hingga 5 Mei 2021.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Raden Erik Bangun Prakasa mengatakan petugas melakukan penyekatan dalam waktu 24 jam penuh. Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka penularan COVID-19.

"Ini kita laksanakan penyekatan di 8 titik. Tujuannya adalah untuk melaksanakan kegiatan penyekatan bagi pemudik," kata Erik saat dihubungi detikcom, Sabtu (24/4/2021).

Menurut Erik, pada periode penyekatan tersebut petugas petugas akan melakukan pengecekan terhadap dokumen yang wajib dibawa pengendara. Di antaranya, hasil negatif 1x24 jam dari tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

Petugas di lapangan, kata Erik, akan melakukan pengecekan dengan cara memberhentikan kendaraan secara acak. "Kita sifatnya melakukan pengecekan secara sampling, artinya secara acak. Kita lihat masyarakat yang (indikasi) ingin mudik, kita laksanakan pengecekan," tutur Erik.

"Karena memang sampai saat ini belum terlihat masyarakat yang mudik. Nanti kita pantau, apabila mereka betul betul mudik maka akan kita lakukan pengecekan," dia menambahkan.

Kendaraan dari luar daerah Bandung Raya akan menjadi prioritas petugas untuk dilakukan pengecekan. Kendaraan seperti pelat B dan lainnya akan diberhentikan ketika keluar tol dan menanyakan tujuan daripada pengendara.

Apabila diketahui akan mudik, kendaraan tersebut akan diputar balikkan. Namun, bila tujuan bekerja dan tidak membawa hasil tes, pihaknya menyiapkan tes rapid antigen gratis. "Penyekatan untuk kategori mudik dan semuanya, akan kita cek. Disuruh tes kalau belum ada," ujar Erik.

Ini delapan titik penyekatan arus mudik 2021 di Kabupaten Bandung:

1. Gerbang Tol Cileunyi
2. Cikalang Barat Cileunyi
3. Lingkar Barat Nagreg
4. Gerbang Tol Soreang
5. Nata Endah Kopo
6. SPBU Menger Dayeuhkolot
7. Simpang Tiga Kersen Bojongsoang
8. Simpang Tiga Patrol Kutawaringin

Simak Video: Covid-19 Masih Mengancam, Kakorlantas Ajak Warga Tak Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)