Cegah Kemacetan, Petugas Gabungan Tertibkan Terminal Bayangan di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 12:53 WIB
Penertiban terminal bayangan di Ciamis.
Penertiban terminal bayangan dan parkir liar di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Petugas Gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Polres Ciamis menertibkan terminal bayangan dan kendaraan yang parkir sembarangan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan.

Terminal bayangan itu berada di simpang Pasar Ciamis. Meski sudah ada rambu agar tidak menurunkan dan menaikkan penumpang, namun angkutan umum jenis elf ini masih saja mangkal di lokasi tersebut.

Kondisi itu kerap menimbulkan kemacetan karena tepat berada di rambu trafic light. Banyaknya pengguna jalan yang mengeluh akibat kondisi ini, petugas kemudian melakukan penertiban.

Termasuk di Jalan Rumah Sakit tepat di depan pasar, petugas kepolisian menilang sejumlah kendaraan yang parkir sembarangan. Terlebih saat ini di bulan Ramadhan hampir setiap sore mobilitas masyarakat cukup tinggi.

"Kami bersama Polres Ciamis dan Satpol PP berupaya menertibkan Terminal bayangan di simpang pasar dan penertiban kendaraan parkir sembarangan. Demi kenyamanan dan antisipasi Kemacetan, karena lokasi ini sering terjadi macet terlebih di bulan Ramadhan ini," ujar Kabid Lalu Lintas Dishub Ciamis Enda Hidayat, Jumat (23/4/2021).

Guna mengantisipasi tidak ada lagi angkutan umum elf yang mangkal di lokasi itu, petugas memasang water barier. Selain itu akan disiagakan petugas secara bergantian.

"Water barier kami pasang dan diisi air supaya tidak mudah digeserkan sehingga di lokasi itu tidak ada yang menaikkan dan menurunkan penumpang. Semua harus masuk terminal," tegasnya.

Sementara itu, Kanit Kamsel Satlantas Polres Ciamis Ipda Sony Santana mengatakan dalam penertiban terminal bayangan dan parkir sembarangan ini telah melakukan tindakan tilang kepada beberapa kendaraan. Sebab telah melanggar rambu lalu lintas, parkir di tempat dilarang parkir.

"Untuk yang penertiban angkutan umum di terminal bayangan kita arahkan supaya ke terminal. Tapi untuk yang parkir sembarangan kita lakukan tindakan penilangan, supaya ke depan tidak ada lagi yang seenaknya parkir. Sehingga terciptanya lalu lintas lancar dan aman," katanya.

Simak video 'Beda Aturan di Masa Pengetatan dan Peniadaan Mudik 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)