Jabar Banten Hari Ini: Panji Gumilang Diperiksa Polda-716 Ponpes Fiktif Terima Hibah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 20:59 WIB
Panji Gumilang
Panji Gumilang (Foto: dok.detikcom).
Bandung -

Habib Rizieq menyebut mantan Gubernur Ahmad Heryawan memberikan rekomendasi terkait pembangunan Ponpes Markaz Syariah di Megamendung, Kabupaten Bogor. Pemprov Jabar pun buka suara terkait rekomendasi tersebut.

Panji Gumilang dilaporkan ke Polda Jabar berkaitan dugaan pencabulan terhadap mantan pegawai. Lantas seperti apa kronologi pencabulan itu dilakukan pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun tersebut?

Sementara itu, pekerja harian lepas (PHL) pemikul peti jenazah di TPU khusus COVID-19 Cikadut kembali mogok.

Apa saja yang terjadi di Jabar dan Banten Hari ini, berikut ulasannya:

Gapura 'Tahu' Sumedang Direnovasi

Setelah viral dan menuai banyak kritik dari masyarakat, Gapura Selamat Datang di Sumedang Kota Tahu akhirnya direnovasi. Desainnya dibuat lebih baik dengan memasukkan unsur budaya dan teknologi.

Gapura ini dikritik karena ornamen yang dipasang tidak mencerminkan karakter Sumedang. Kotak kubus yang disebut sebagai Tahu sebagai panganan khas Kabupaten Sumedang malah mirip seperti kardus.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau langsung proses pembangunan gapura tersebut. Dia nampak memperhatikan sejumlah detail yang ada.

"Di Ciherang ini sebagai pintu masuk ke Sumedang, Alhamdulillah. Dulu pernah viral juga berita tentang gapura ini, sekarang kita perbaiki seperti ini dan ini dananya bukan dari APBD bantuan CSR Bank Jabar, doakan semoga cepat selesai," kata Dony dalam video yang dilihat detikcom di akun Instagram pribadinya, Rabu (21/4/2021).

Gapura ini dibangun cukup lebih baik desain yang daripada yang sebelumnya. Meski demikian, ornamen tahu di kedua sisi gapura nampak masih terlihat.

Dony berharap, desain gapura baru ini bisa diterima masyarakat Sumedang, selain itu nantinya bakal ada holigram menyala di gapura ini dikala malam hari.

"Cepat diterima oleh semua pihak dan sisi arsiktikmya. Nanti kalau malam nyala, ada hologram yang beda-beda warna dan bentuk," ucap Dony.

Tak hanya itu, Dony menyebut desain gapura ini dirancang dengan perpaduan budaya dan teknologi.

"Perpaduan antara budaya dan teknologi. Holografi bisa berubah-ubah sesuai desain program seperti penari jaipong, mahkota binokasih, kuda renggong dan lain-lain. Saat malam holografi menyala," tambah Dony dalam caption postingannya.

Postingan Instagramnya mendapatkan respons positif dari warganet. Salah satu warganet meminta agar bahan baku yang digunakan untuk gapura itu awet.

"Iya pak pakai bahan yang awet, gapura sebelumnya sayang seperti gampang rusak, karena banyak ornamen lampu tidak kuat hujan," kata pemilik akun @oookky.

"Nu pentingmah aya ciri Sumedang na (yang penting ada ciri Sumedang nya)," kata pemilik akun @iman_gituloh.

Kronologi Dugaan Pencabulan Panji Gumilang

Panji Gumilang dilaporkan ke Polda Jabar berkaitan dugaan pencabulan terhadap mantan pegawai. Lantas seperti apa kronologi pencabulan itu dilakukan pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun tersebut?

Djoemaidi Anom kuasa hukum dari korban berinisial K menuturkan kasus itu bermula saat korban yang sudah bekerja sejak tahun 2016 bersama Panji ditugaskan di Pasar Cikampek pada bagian marketing dan sekaligus pengadaan barang. Namun beberapa tahun setelah itu, K ditarik untuk ditempatkan di area ponpes Al Zaytun.

"Dia ditarik dan ditempatkan di suatu tempat yang jauh dari pusat keramaian," ujar Anom saat dihubungi, Rabu (21/4/2021).

Usai dipindahkan, Anom mengatakan Panji menaruh rasa terhadap K ini. Hingga akhirnya, Panji berusaha untuk mendekati K.

"Sudah begitu, rupanya terselubung Panji Gumilang ini menaruh hasrat, klien saya tidak sadar. Karena tempat jaraknya jauh tidak ada orang, kalaupun ada orang dia tidak akan ambil risiko karena takut sama Panji. Dipaksa klien kita hampir setiap hari datang untuk berhubungan," tutur Anom.

"Awalnya dicium, ditolak jangan karena bukan suami istri. Terus dia (Panji) bilang 'nggak usah takut nggak ada yang tahu'," kata Anom menambahkan.

Panji semakin berani. Bahkan dia memaksa melakukannya aksi tak senonoh itu di kamar mandi kantornya.

"Di situ dipaksa untuk melakukan menerima hubungan badan. Itulah berlangsung berulang-ulang," kata dia.

Sebelumnya, seorang pimpinan pondok pesantren tersohor di Indramayu dilaporkan polisi. Dia diduga melakukan tindak pidana pencabulan terhadap mantan pegawainya.

Laporan itu dilakukan korban berinisial K ke Polda Jawa Barat beberapa waktu lalu dengan nomor laporan polisi LP/B/212/II/2021. Terlapor sendiri diketahui Panji Gumilang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4