Sempat Dikritik, Gapura Sumedang Kota 'Kardus' Akhirnya Diganti

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 19:14 WIB
Gapura Sumedang
Gapura Sumedang (Foto: Istimewa).
Bandung -

Setelah viral dan menuai banyak kritik dari masyarakat, Gapura Selamat Datang di Sumedang Kota Tahu akhirnya direnovasi. Desainnya dibuat lebih baik dengan memasukkan unsur budaya dan teknologi.

Gapura ini dikritik karena ornamen yang dipasang tidak mencerminkan karakter Sumedang. Kotak kubus yang disebut sebagai Tahu sebagai panganan khas Kabupaten Sumedang malah mirip seperti kardus.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau langsung proses pembangunan gapura tersebut. Dia nampak memperhatikan sejumlah detail yang ada.

"Di Ciherang ini sebagai pintu masuk ke Sumedang, Alhamdulillah. Dulu pernah viral juga berita tentang gapura ini, sekarang kita perbaiki seperti ini dan ini dananya bukan dari APBD bantuan CSR Bank Jabar, doakan semoga cepat selesai," kata Dony dalam video yang dilihat detikcom di akun Instagram pribadinya, Rabu (21/4/2021).

Gapura ini dibangun cukup lebih baik desain yang daripada yang sebelumnya. Meski demikian, ornamen tahu di kedua sisi gapura nampak masih terlihat.

Dony berharap, desain gapura baru ini bisa diterima masyarakat Sumedang, selain itu nantinya bakal ada holigram menyala di gapura ini dikala malam hari.

"Cepat diterima oleh semua pihak dan sisi arsiktikmya. Nanti kalau malam nyala, ada hologram yang beda-beda warna dan bentuk," ucap Dony.

Tak hanya itu, Dony menyebut desain gapura ini dirancang dengan perpaduan budaya dan teknologi.

"Perpaduan antara budaya dan teknologi. Holografi bisa berubah-ubah sesuai desain program seperti penari jaipong, mahkota binokasih, kuda renggong dan lain-lain. Saat malam holografi menyala," tambah Dony dalam caption postingannya.

Postingan Instagramnya mendapatkan respons positif dari warganet. Salah satu warganet meminta agar bahan baku yang digunakan untuk gapura itu awet.

"Iya pak pakai bahan yang awet, gapura sebelumnya sayang seperti gampang rusak, karena banyak ornamen lampu tidak kuat hujan," kata pemilik akun @oookky.

"Nu pentingmah aya ciri Sumedang na (yang penting ada ciri Sumedang nya)," kata pemilik akun @iman_gituloh.

(wip/mso)