Cegah Pemudik, Polisi Awasi Jalur Tikus di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 13:27 WIB
Ilustrasi Polisi Lalu-lintas (Polantas)
Ilustrasi polisi mengatur arus lalu lintas. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Ciamis -

Satlantas Polres Ciamis siap melaksanakan kebijakan pemerintah pusat berkaitan larangan mudik Lebaran 2021. Sebanyak 90 personel disiagakan menghalau para pemudik pada 6-17 Mei nanti. Polisi mengawasi jalur tikus dan alternatif di wilayah perbatasan.

Pos Penyekatan pun siap didirikan di beberapa titik. Lokasinya yaitu Pos Cihaurbeuti dan Pos Panumbangan adalah batas Ciamis dan Tasikmalaya, Pos Panawangan perbatasan Ciamis dengan Majalengka, Pos Karangkamulyan perbatasan Ciamis dan Banjar, Pos Kalipucang perbatasan Jabar dan Jateng.

"Kami siapkan Pos Penyekatan di perbatasan kabupaten dan perbatasan provinsi," ujar Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo, Rabu (21/4/2021).

Wibowo menyebut dalam pengamanan mudik Lebaran tahun ini pihaknya fokus ke perbatasan Jabar dan Jateng, tepatnya di Pos Kalipucang Pangandaran. Jalur tersebut merupakan gerbang masuk langsung ke Cilacap, Jawa Tengah.

Polisi pun mengawasi ketat jalur alternatif dan jalur tikus guna mencegah para pemudik melintas. Pihaknya akan mencegat pemudik, lalu putar balik kendaraannya.

Anggota polsek turut dilibatkan mengawasi pemudik yang kemungkinan akan melintas jalur tikus dan alternatif. "Seperti di jalur alternatif Cimaragas sebagai jalur penghubung Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Kota Banjar. Jadi anggota di Polsek-polsek dilibatkan untuk menyekat pemudik untuk diputar balik," ujar Wibowo.

Pada Operasi Ketupat 2021, Satlantas Ciamis menerjunkan 90 anggotanya. Mereka akan berjaga 24 jam dengan sistem jadwal atau tiga sif.

Lihat juga Video: 'Jalur Tikus' Bakal Dijaga, Pemerintah Harap Pemudik Tak Akan Lolos

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)