Round-Up

Dalih Kagumi Anies di Balik Copas Postingan Hengky Kurniawan

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 10:58 WIB
Hengky Kurniawan
Hengky Kurniawan (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat -

Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan sempat bikin gaduh gegara disinyalir melakukan copy paste (copas) keterangan unggahan pada akun Instagram pribadinya dari posting-an Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Unggahan pada akun Instagram Hengky yang diduga copas itu membahas soal Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Bandung Barat Tahun 2022 bersama dengan Bappelitbangda Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sementara unggahan Anies Baswedan yakni soal Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021.

Tak malu, politisi PDIP itu mengakui unggahan di akun Instagram pribadinya terinspirasi dan kata-kata yang dituangkan oleh Anies. Hal itu didasari jika dirinya mengagumi sosok Anies dan dijadikannya sebagai role model dalam memimpin Kabupaten Bandung Barat.

Hengky mengatakan materi teks hingga yang mengunggahnya ke media sosial Instagram yakni admin media sosialnya. Namun Hengky mengetahui materi dalam unggahan tersebut.

"Iya admin mengambil kata-kata itu dan kebetulan memang (kata-katanya) menginspirasi admin saya. Gak apa-apa itu sesuatu yang baik, kita tidak antimeniru," kata Hengky kepada detikcom, Selasa (20/4).

"Mungkin dari beberapa pemimpin daerah yang prestasinya bagus ada yang jadi role model atau contoh yang baik salah satunya mas Anies Baswedan," ujar Hengky menambahkan.

Hengky Kurniawan-Anies BaswedanPostingan di akun Instagram Hengky Kurniawan dan Anies Baswedan. (Foto: tangkapan layar Instagram)

Hengky mengakui mengadopsi program-program yang baik dari pemimpin daerah lainnya untuk diimplementasikan dalam program kerja di Bandung Barat. "Mencontek program sebetulnya tidak, kita hanya adopsi motivasi dari unggahan itu agar OPD dan orang lain berpartisipasi dalam pembangunan di Bandung Barat," tuturnya.

Dia menyebut kegaduhan yang ditimbulkan akibat adanya kesamaan dalam unggahan miliknya dan Anies Baswedan tak seharusnya diperpanjang apalagi sampai dimanfaatkan orang untuk menggiring opini. "Tapi saya memaklumi juga, jadi ini untuk bahan evaluasi juga," ucap Hengky.

(bbn/bbn)