Jabar Sepekan: Teriakan Bohong Habib Bahar-Kepsek MTs Cianjur Nyabu

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 22:09 WIB
Terdakwa kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja Bahar bin Smith memegang bendera merah putih seusai menjalani sidang putusan di gedung Arsip dan Perpustakaan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). Majelis hakim menjatuhi hukuman kepada Bahar bin Smith tiga tahun penjara, denda Rp50 juta dan subsider satu bulan kurungan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Foto: Antara Foto

5. Hengky Kurniawan jadi Plt Bupati Usai Aa Umbara Jadi Tersangka Korupsi

Usai Aa Umbara ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan barang bantuan COVID-19, posisi Bupati Bandung Barat beralih. Hengky Kurniawan yang sebelumnya duduk di kursi nomor dua Kabupaten Bandung Barat, didapuk untuk mengisi kekosongan Bupati.

Hengky resmi ditunjuk sebagai Plt Bupati Bandung Barat. Penetapan status Plt Bupati itu merujuk pada formulir berita yang diterbitkan Gubernur Jawa Barat Nomor 15/KU.12.01/Pem otda, tanggal 9 April 2021.

Berdasarkan Undang-undang nomor 9 tahun 2019 tentang pemerintahan daerah, Gubernur tidak lagi menerbitkan surat keputusan (SK) Plt bupati melainkan diganti dengan formulir berita.

Hengky membenarkan terkait penetapan dirinya sebagai Plt Bupati Bandung Barat menggantikan Aa Umbara terhitung sejak Senin 12 April 2021.

"Iya betul saya sudah menjalani tugas sebagai Plt Bupati Bandung Barat," ujar Hengky saat dikonfirmasi, Selasa (13/4/2021).

Kendati demikian, Hengky mengaku jika kondisi yang baru saja terjadi di lingkup pemerintahan Bandung Barat jadi kendala tersendiri untuk dilakoni. Hal itu bakal berdampak pada kinerjanya di kemudian hari.

"Syok itu pasti ada, kesedihan itu pasti ada. Kita sama sama selama 2,5 tahun ini kan ada memori. Kita harus kembalikan trust masyarakat dengan kerja yang kita buat. Kita tunjukkan bahwa Bandung Barat bisa bangkit dan jadi lebih baik," sebutnya.

Usai ditetapkan jadi Plt Bupati Bandung Barat dirinya langsung bergerak cepat. Dia menginventarisir semua permasalahan di tubuh Pemkab Bandung Barat dan menemukan banyak permasalahan.

"Langsung bergerak dan banyak informasi yang masuk. Misalnya di bagian rumah tangga ada sekitar Rp 3 miliar. Nah anggaran itu keperluannya untuk apa? ini yang masih tanda tanya dan harus dijelaskan," katanya.

Setelah itu dirinya bakal langsung mencarikan solusi untuk semua benang kusut yang belum diuraikan selama ini.

"Ini juga harus diselesaikan, saya tidak mau ketika saya bertugas ada beban-beban yang masyarakat tidak tahu dan pada akhirnya kita yang dikira menggunakan uang itu yang masih banyak diselesaikan. Hari ini saya mau breakdown, besok baru saya tanyakan ke SKPD terkait," pungkasnya.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Bandung Barat Faisal S mengatakan surat penetapan status Hengky Kurniawan dari jabatan Wakil Bupati Bandung Barat menjadi Plt Bupati Bandung Barat mulai berlaku hari ini.

"Tadi pagi kita mendapatkan surat (penetapan Plt) ini. Jadi sekarang tidak ada SK Plt, tapi langsung formulir berita dari Gubernur," kata Faisal saat dihubungi.

Halaman

(ern/ern)