Melihat Alun-alun Majalengka yang Ramai Dipadati Warga Saat Ngabuburit

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 18:29 WIB
Alun-alun Majalengka jadi favorit tempat ngabuburit
Foto: Bima Bagaskara
Majalengka -

Alun-alun Majalengka menjadi salah satu lokasi favorit ngabuburit warga. Alun-alun yang berada di jalan KH Abdul Halim, Kecamatan Majalengka ini selalu ramai dikunjungi pada sore hari.

Dilihat detikcom Sabtu (17/4/2021) sekitar pukul 17.00 WIB, warga yang ngabuburit di Alun-alun Majalengka ini tampak menikmati waktu menjelang buka puasa dengan melihat pemandangan indah Masjid Agung Al-Imam yang berdiri kokoh di samping alun-alun.

Wajah baru Alun-alun Majalengka yang diresmikan pada bulan Februari kemarin ini juga menjadi daya tarik warga untuk menjadikan alun-alun sebagai tempat ngabuburit.

Konsep terakota yang menjadi ikon baru Kabupaten Majalengka kental ada di seluruh bagian alun-alun ini. Di sana juga terdapat air mancur, rumput sintetis hingga tribun penonton.

Eki Yulianto (28) salah seorang warga mengatakan sudah bertahun-tahun dirinya menjadikan Alun-alun Majalengka sebagai tempat ngabuburit. Namun suasana berbeda sangat terasa saat dirinya ngabuburit di alun-alun pada Ramdhan tahun ini.

"Iya tiap tahun ngabuburit disini (alun-alun), tapi tahun ini benar-benar nuansanya beda banget karena sudah selesai diperbaiki. Makin indah kalau sore hari ngabuburit disini, apalagi kalau cuaca cerah," kata Eki.

Meski tak banyak pedagang takjil yang berjualan di sekitar alun-alun namun hal itu tidak menurunkan minat warga untuk ngabuburit di ruang publik kebanggaan Kabupaten Majalengka ini.

"Ya disini mah cuma ngabuburit aja nunggu waktu buka, kalau beli makanan untuk buka puasa mah di dekat rumah aja, disini juga kan ga begitu banyak yang jualannya," imbuh Eki.

Hal yang sama juga dikatakan Anis (22). Bersama teman-temannya Anis ngabuburit di Alun-alun Majalengka untuk sekedar ber-swafoto menunggu waktu datangnya berbuka puasa.

"Foto-foto aja nunggu buka puasa, kebetulan rumah ga jauh dari alun-alun jadi kesini aja ngabuburitnya," singkat Anis.

Selain Alun-alun Majalengka, dua ruang publik yang telah diresmikan oleh Bupati Majalengka Karna Sobahi pada bulan Februari 2021 lalu juga ramai dikunjungi warga sebagai tempat ngabuburit.

Dua ruang publik itu ialah kawasan Taman Raharja dan gelanggang generasi muda (GGM).

(ern/ern)