Hindari Penyekatan, Pemudik Curi Start Lintasi Tol Cikampek

Dian Firmansyah - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 18:11 WIB
Mudik curi start di Tol Cikampek, 17 April 2021
Foto: Dian Firmansyah
Purwakarta -

Hari ke lima bulan Ramadhan banyak dimanfaatkan oleh warga yang merantau untuk mudik ke kampung halamannya. Menghindari penyekatan petugas saat waktunya mudik nanti, menjadi pemicu mereka melakukan curi start mudik.

Seperti yang dilakukan oleh Nurohman, ia merantau ke wilayah Provinsi Sulawesi dan hendak mudik ke wilayah Brebes, Jawa Tengah. Ia memilih mudik lebih awal agar tidak terjebak penyekatan oleh petugas.

"Kita mudik di awal aja karena takutnya nanti keburu dimulai penyekatan, saya izin ke bos untuk pulang dan bos juga ngizinin. Soalnya saya udah beberapa bulan enggak pulang," ujarnya saat ditemui tengah istirahat di rest area km 57 Tol Cikampek, Karawang, Sabtu (17/04/2021).

Nurohman mengatakania mengikuti protokol kesehatan selama melakukan perjalanan mudiknya, seperti melakukan Rapid test di bandara dengan hasil negatif COVID-19.

"Di perjalanan enggak ada (Penyekatan), yang penting kita dari awal Rapid ikut prosedur aja jadi kita ikutin sesuai protokol kesehatan. Rencana lebaran di kampung," ungkapnya.

Mudik curi start di Tol Cikampek, 17 April 2021Mudik curi start di Tol Cikampek, 17 April 2021 Foto: Dian Firmansyah

Hal senada dikatakan Selamat, pemudik asal Jakarta menuju Bumiayu, ia mengklaim jika pemerintah pernah memperbolehkan warga mudik sebelum tanggal 06 Mei.

"Kan pemerintah mempersilahkan mudik sebelum tanggal 6. Ini kita yang pulang di Jakartanya bukan pekerja PT yang terikat. Kita kerja harian lepas jadi bisa izin pulang di kerjaan," katanya.

Pantauan detikcom sekitar pukul 15.00 WIB. Arus lalu lintas di ruas jalab tol Cikamlek dari arah Jakarta menuju Cirebon masih lancar, pengendara yang melintas dapat melaju dengan normal tanpa ada kemacetan. Petugas pun belum ada yang melakukan aktivitas penyekatan di sepanjang jalan tol ini.

Simak juga Video: Polda Metro Jaya Siapkan 31 Pos Penjagaan Jalur Mudik

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)