Eks Anggota DPRD Jabar Siti Aisyah Pernah Jadi Komisaris Bank Syariah

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 18:28 WIB
KPK tetapkan 2 mantan anggota DPRD Jabar jadi tersangka kasus suap (Azhar-detikcom)
(Foto: KPK tetapkan 2 mantan anggota DPRD Jabar jadi tersangka kasus suap (Azhar-detikcom)
Bandung -

Mantan anggota DPRD Jawa Barat Siti Aisyah Tuti Handayani ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia menjadi tersangka karena diduga menerima suap dari pengusaha terkait proyek di Indramayu.

Seperti diketahui, Siti Aisyah merupakan anggota DPRD Jabar periode 2014-2019. Usai menjabat sebagai anggota legislatif, Siti Aisyah yang juga berstatus sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Winaya Mukti, juga pernah menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Jabar Banten (BJB) Syariah.

Berdasarkan penelusuran dari arsip internet menggunakan Wayback Machine, tercatat Siti Aisyah menjadi komisaris independen BJB Syariah pada April 2020. Ia menggantikan Komisaris Independen sebelumnya, Memed Sueb.

Berdasarkan publikasi resmi yang dirilis oleh BJB Syariah, terakhir Siti Aisyah melakukan kegiatan sebagai komisaris independen pada Jumat 26 Februari 2021. Ia menyaksikan penyerahan bantuan CSR kepada korban banjir di wilayah Bekasi.

Namun, setelah kasus suap Indramayu mencuat. Nama Siti Aisyah tak lagi terpampang di deretan manajemen BJB Syariah. Sebelumnya foto dan namanya terpampang sebagai komisaris independen di BJB Syariah bersama komisaris lainnya.

Saat ini yang terpampang hanya Komisaris Utama Independen BJB Syariah diisi oleh Adang Ahmad Kunandar dan Komisaris Agus Riswanto. Adang baru efektif menjabat setelah mendapatkan persetujuan fit and proper tes dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apakah Siti Aisyah dilengserkan gegara kasus suap yang menjeratnya saat ini ?

Detikcom pun mencoba mengonfirmasi perihal tersebut ke Kantor Pusat BJB Syariah di Jalan Braga, Kota Bandung tetapi tak ada perwakilan manajemen yang bisa ditemui. Pertanyaan yang diajukan lewat surat elektronik (e-mail) ke alamat surel korporasi dan corsec BJB pun belum terjawab hingga berita ini diturunkan.

Selain SitiAisyah, Wakil Ketua DPRD Jabar periode 2019-2024 Ade Barkah juga ikut terjerat kasus tersebut.

Simak juga video 'Luhut: KPK Ini Super Sakti, Tapi OTT Nggak Bikin Jera!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2