17 Penyandang Disabilitas Ikuti Tes UTBK SBMPTN 2021 di UPI

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 11:09 WIB
Salah seorang penyandang disabilitas mengikuti UTBK SBMPT di UPI.
Salah seorang penyandang disabilitas mengikuti UTBK SBMPT di UPI (Foto: Istimewa).
Bandung -

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 turut diikuti sejumlah calon mahasiswa penyandang disabilitas.

Seperti di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai satu-satunya kampus di Kota Bandung yang menyelenggarakan tes bagi disabilitas netra, disabilitas rungu, dan disabilitas wicara. Dari total 19 orang yang terdaftar mengikuti UTBK di UPI, dua orang di antaranya tidak hadir mengikuti tes seleksi.

"Kapasita ruangan 20, yang terdaftar seleksi 19 orang, yang hadir 17 dan yang tidak hadir 2 Orang," ujar Kepala Seksi Kelembagaan UPI Yana Setiawan kepada detikcom, Kamis (19/4/2021).

Lebih lanjut, para peserta ditempatkan di Ruang Diklat I dan Gedung Direktorat Sistem Teknologi dan Informasi. Mereka mengikuti tes pada hari ini pukul 06.45 WIB sampai 10.30 WIB.

Direktur Pendidikan UPI Asep Supriatna menambahkan, tahun ini jumlah peserta lebih banyak daripada tahun lalu. "Semua sudah dipertimbangkan," ujarnya saat dihubungi secara terpisah.

Dia mengatakan, dari sisi waktu pelaksanaan ujian dan jumlah soal antara peserta disabilitas dan non disabilitas tidak jauh berbeda. Hanya saja, peserta penyandang disabilitas menggunakan alat dan sistem tambahan.

"Soalnya khusus, menggunakan aplikasi khusus. Waktu pelaksanaan ujian sama, alatnya saja yang berbeda," tuturnya.

Alat yang dimaksud yaitu sistem NVDA (pembaca layar), program pembaca layar yang memungkinkan para tunanetra untuk menggunakan komputer dengan sistem windows. Soal yang ada dalam komputer akan dibacakan melalui sistem tersebut.

Para peserta pun dibekali dengan fasilitas pendukung lainnya, salah satunya seperangkat komputer dan earphone. Protokol kesehatan pun tetap diterapkan seperti penggunaan masker bedah, dan beberapa menggunakan face shield.

Lihat juga Video: Uang Pendaftaran akan Dikembalikan Bila Peserta Tak Bisa Ikut Ujian UTBK

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)