Masjid Baiturrokhmah Cimahi, Tempat Ulama Atur Strategi Usir Penjajah

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 04:20 WIB
Masjid Baiturrokhmah Cimahi
Masjid Baiturrokhmah (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Cimahi -

Sekian banyak masjid yang berdiri di Kota Cimahi ada satu buah masjid yang memiliki keistimewaan tersendiri lantaran nilai sejarah yang melekat pada perjalanan panjang keberadaannya. Masjid Baiturrokhmah, namanya.

Terletak di Jalan Usman Dhomiri, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, masjid yang berdiri sejak 1938 ini menyimpan beragam kisah heroik perjuangan anak bangsa. Didirikan oleh orang yang sama dengan nama jalan di mana masjid tersebut berada yakni KH Usman Dhomiri.

Kisah paling berkesan yang melekat yakni tak mempannya serangan tentara Belanda. Serbuan mortir pasukan Belanda tidak meledak saat menyentuh tanah di area masjid.

Berbagai upaya Belanda untuk menyergap para ulama pejuang tidak membuahkan hasil. Ulama dianggap sebagai ancaman penjajah lantaran bisa membangkitkan semangat perlawanan rakyat Indonesia pada masa itu.

"Ini jadi saksi sejarah perjuangan ulama-ulama dalam merebut kemerdekaan dari penjajah," ucap Ketua DKM Masjid Baiturrokhmah Yus Rusdian saat dihubungi, Selasa 13 April 2021.

Masjid Baiturrokhmah CimahiMasjid Baiturrokhmah di Cimahi. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)

Fakta lain diungkapkan oleh Yus yaitu cikal bakal perjuangan ulama, yang akhirnya diwadahi dalam Laskar Hizbullah, merangkai strategi memukul mundur pasukan musuh di masjid tersebut. "Dipimpin langsung oleh KH Usman Dhomiri, masjid ini jadi tempat berkumpul ulama menentukan strategi mengusir penjajah saat itu," kata Yus.

Selanjutnya
Halaman
1 2