Berusia 363 Tahun, Al Quran Ini Ditulis Tangan di Atas Kulit Pohon

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 14:33 WIB
Al Quran Kuno di Majalengka
Al Quran kuno yang sudah berusia 363 tahun. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Seorang pria warga Kabupaten Majalengka menyimpan sebuah Al Quran kuno yang sudah berusia 363 tahun. Mushaf itu ditulis tangan di atas sebuah kulit pohon.

Ridwanuddin (59) yang menyimpan dan merawat mushaf itu di rumahnya. Ridwan yang merupakan mantan kepala desa setempat ini merupakan keturunan ketujuh dari KH TB Latifudin, penulis Al Quran tersebut.

Dilihat detikcom, Al Quran kuno itu memiliki panjang sekitar 40 sentimeter dengan lebar 30 sentimeter. Al Quran itu kertasnya terbuat dari kulit pohon, kondisinya menguning dan mulai rusak. Serat dari kulit pohon masih sangat terasa saat Al Quran itu disentuh.

Meski begitu tulisan tangan yang ada pada Al Quran masih tampak bagus dan terlihat jelas. Pada sampul Al Quran itu juga terlihat penulis dan tahun pembuatannya. Al Quran ini ditulis oleh KH TB Latifudin pada tahun 1658 di Pagaraji, Maja, Majalengka.

"Memang kalau saya tidak tahu betul karena saya ini keturunan ketujuh dari KH TB Latifudin, penulis Al Quran ini. Kalau dilihat dari sampulnya, tertera Al Quran ini dibuat tahun 1658," kata Ridwanuddin saat berbincang dengan detikcom di rumahnya, Blok Pesantren, Desa Pagaraji, Kecamatan Maja, Rabu (14/4/2021).

Ridwan, sapaan akrabnya, menceritakan awalnya Al Quran tersebut disimpan oleh nenek dan orang tuanya secara turun-temurun. Namun sejak orang tuanya meninggal dunia enam tahun lalu, Al Quran bersejarah itu diwariskan dan mulai Ia simpan.

"Sekarang ada di saya karena orang tua sudah meninggal 6 tahun lalu, sebelumnya disimpan oleh orang tua saya. Jadi Al Quran ini diwarisi oleh orang tua saya," ucap Ridwan.

Simak juga 'Saat Daun Lembar Al-Quran Periode Awal Dijual di Rumah Lelang London':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2