Salat Tarawih Pertama di Masjid Pusdai Bandung, Ridwan Kamil: Jaga Prokes

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 20:27 WIB
Salat tarawih pertama di Masjid Pusdai, Bandung.
Salat tarawih pertama di Masjid Pusdai, Bandung (Foto: Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikuti pelaksanaan salat tarawih pertama di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (12/4/2021). Kehadiran gubernur tersebut dalam rangka tarawih keliling yang akan dilaksanakan di sepanjang bulan suci ini.

Dalam sambutannya, sosok yang akrab disapa Kang Emil mengumumkan bahwa besok (13/4), ibadah puasa akan dimulai. "Alhamdulillah besok dimulai hari pertama melaksanakan ibadah shaum, sebuah momentum yang dirindukan," kata Kang Emil.

Dia mengatakan, Ramadan merupakan momentum kemenangan bagi umat Islam. Ia mengulas, bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pembebasan Kota Mekkah dari suku Quraisy yang membangkang atau Fathu Mekkah jatuh dalam bulan yang mulia ini.

Salat tarawih pertama di Masjid Pusdai, Bandung.Gubernur Jabar Ridwan Kamil salat tarawih pertama di Masjid Pusdai, Bandung. Foto: Yudha Maulana

"Dalam bulan puasa ini juga kita berpanas-panasan dan begitu indahnya saat berbuka, begitu juga saat menghadapi COVID-19, kita menahan diri agar tak berkerumun, menjaga protokol kesehatan hingga akhirnya tiba proklamasi merdeka dari pandemi ini," katanya.

Pantauan detikcom, pelaksanaan salat tarawih di Masjid Pusdai dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Kapasitas masjid hanya terisi kurang dari 50 persen. Tampak penanda silang di lantai yang menandakan agar jemaah saling menjaga jarak.

Tausiyah tarawih dilaksanakan kurang dari 15 menit, sementara imam salat tarawih hanya membacakan surat-surat pendek agar durasi ibadah Ramadhan ini tak memakan waktu lama.

Simak video 'Panduan Ibadah Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadhan':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)