Sampel Material Kebakaran Kilang Balongan Diteliti di Mabes Polri

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 15:37 WIB
Tangki di Kilang Pertamina Indramayu Terbakar
Kebakaran tangki di kilang Pertamina Indramayu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Bandung -

Proses olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran tangki di kilang minyak Pertamina, Balongan, Kabupaten Indramayu, sudah rampung. Namun, polisi masih menunggu hasil analisis untuk mengungkap penyebab kebakaran tersebut.

"Untuk sementara olah TKP sudah selesai," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago saat dihubungi, Senin (12/4/2021).

Erdi menuturkan dari hasil olah TKP tersebut, tim Laboratorium Forensik (Labfor) mengambil beberapa material dari TKP. Material itu akan dianalisis di Mabes Polri.

"Ada beberapa yang harus diambil untuk diteliti di Mabes Polri. Masih akan dianalisis," ucap dia.

Erdi menambahkan proses analisa tersebut membutuhkan waktu. Sehingga, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab pasti sumber kebakaran itu dalam waktu dekat.

"Pengambilan bahan material itu perlu waktu," ujar Erdi.

Kebakaran tangki di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terjadi pada Senin (29/3). Proses olah TKP sudah dilakukan sejak pekan lalu.

Olah TKP langsung dipimpin oleh Kabareskrim Komjen Agus Andrianto. Jenderal bintang tiga itu datang langsung ke lokasi kebakaran kilang minyak di Balongan, Indramayu pada Rabu (7/4/2021).

"Intinya kita akan melakukan penanganan terhadap apakah ada kesengajaan atau ada kelalaian yang menjadi penyebab kebakaran," kata Agus.

(dir/bbn)